Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, October 27, 2011

Cerita Ah Tenane (1)

Cerita ini juga dimuat di Solopos

GERIMIS KENCING SAPI
Oleh
AHMAD EFENDI, S. Pd.
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri 1 Girimarto


            Jon Koplo adalah pemuda yang cukup disegani di desanya. Hal ini lebih disebabkan sifat si Koplo yang  entengan terhadap semua orang. Maka tidak heran jika banyak orang  yang suka padanya, tak terkecuali Lady Cempluk si kembang desa.
            Singkat cerita Jon Koplo dan Lady Cempluk pun jadian. Sebagai sepasang kekasih yang sedang dilanda cinta dan dimabuk asmara mereka selalu runtang-runtung berdua.
            Hari itu ketika menjelang ulang tahun Lady Cempluk yang ke delapan belas,  Jon Koplo berencana memberikan sesuatu pada kekasihnya. Karena kebetulan Jon Koplo tinggal di dusun dan  jauh dari pusat kota Wonogiri, maka dia pun kesulitan mencarikan hadiah yang berkesan untuk Si Cempluk kekasihnya.
            Tapi Jon Koplo tak habis akal, dengan penuh semangat dia pun berangkat ke pasar kota untuk mencarikan hadiah yang tepat untuk Lady Cempluk.
            Menjelang sore, dengan motor kebanggaannya dilengkapi helm batok tanpa kaca penutup, Koplo melaju, melesat garang di jalan raya. Menyalip gesit mobil dan motor yang ada di depannya.

 
            Ketika Jon Koplo sampai di atas jembatan, laju kendaraan di kota Wonogiri ketika sore ramai lancar. Tapi Jon koplo benar-benar mahir melenggak lenggok menyalip mobil dan motor di depannya.
            Di atas jembatan itu Jon Koplo pun hendak menyalip mobil bak terbuka yang memuat empat ekor sapi. Jon Koplo tancap gas, ketika menyalip dan berada tepat di samping mobil bermuatan sapi itu Jon Koplo merasa gerimis tiba-tiba membasahi mukanya.
            Mulanya Jon Koplo tidak merasakan keanehan, tapi tiba-tiba matanya terasa pedih karena terkena air yang disangkanya gerimis. Yang lebih aneh adalah air itu baunya pesing dan sengak hingga membuat Koplo akhirnya mengurangi kecepatan motornya.
            Jon Koplo mengusap mukanya dengan tangan kiri dan setelah dia memandang ke depan Koplo benar-benar kaget bercampur mangkel. Ternyata air yang disangkanya gerimis bersumber dari mobil yang mengangkut empat ekor sapi itu.
            Jon Koplo melihat seekor sapi betina yang diangkut mobil itu sedang asyik kencing di jalanan. Dan air kencing itu lah yang muncrat-muncrat di mukanya.
            Seketika Jon Koplo balik kanan dan tidak jadi ke kota. Niatnya mencari hadiah ulang tahun untuk Lady Cempluk gatot alias gagal total gara-gara gerimis kencing sapi. 

ads

Ditulis Oleh : fendysastra Hari: 9:21 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Adsensecamp

ppcindo