Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, August 3, 2012

Menemukan Perbedaan Paragraf Deduktif dan Induktif

STANDAR KOMPETENSI
MEMBACA: membaca ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
KOMPETENSI DASAR
                Menemukan perbedaan paragraf deduktif dan induktif melalui kegiatan membaca intensif


Pada dasarnya sebuah paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama, yaitu gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat yang mengandung gagasan penjelas, yaitu gagasan yang menjelaskan gagasan utama.


MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF

1.       Paragraf deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf.  Paragraf deduktif dikembangkan dari data yang bersifat umum dan dijabarkan dengan beberapa pikiran penjelas yang bersifat khusus. 

Ciri-ciri paragraf deduktif antara lain:
·         Kalimat utama terletak di awal paragraf
·         Kalimat penjelas menjelaskan gagasan utama

Perhatikan contoh paragraf deduktif berikut ini!
                Olah raga memiliki keunikan. Emosi bangsa dapat bergerak dan menyatu menyaksikan atlet yang bertanding. Sukses atlet di ajang internasional mampu memotivasi suatu bangsa untuk maju. Itu pulalah yang mendorong Negara memberikan perhatian besar dan khusus bagi olah raga.


2.       Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Pada pola pengembangan paragraph induktif bertolak dari satu atau sejumlah fenomena  individual untuk menurunkan suatu kesimpulan ( Winarti, 2008: 49).

Ciri-ciri paragraf induktif antara lain:
·         Menyebutkan peritiwa-peristiwa khusus terlebih dahulu
·         Kalimat penjelas merupakan rincian-rincian khusus
·         Kesimpulan terdapat di akhir paragraph, dan ditandai dengan kata-kata: jadi, kesimpulnya, oleh karena itu, yang penting, dan lain-lain

Paragraf induktif dikembangkan dengan 3 pola, yaitu:

a.       Generalisasi
Generalisasi yaitu pola pengembangan paragraph induktif dengan proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu inferensi yang bersifat umum yang mencakup fenomena tadi.  Pada pengembangan paragraf dengan cara generalisasi intinya mengumpulkan fakta-fakta kemudian ditarik sebuah simpulan yang.

Contoh:
          Saya melihat orang-orang asyik membaca Koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman, hal yang sama juga saya lihat orang duduk bersantai sambil membaca Koran. Bahkan, ketika saya keluar ruang dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak sekolah, kawula muda, dan orang dewasa semua sedang membaca. Jadi, banyak orang yang memanfaatkan waktu membaca.

b.      Analogi
Pengembangan paragraf induktif dengan pola analogi berarti membandingkan dua macam hal dengan hanya memerhatikan persamaannya, tanpa memerhatikan perbedaanya, kemudian menyimpulkannya.

Contoh:
                Seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci seperti kertas putih. Bayi akan dibentuk pribadinyasesuai dengan didikan yang diterimanya seperti kertas putih dapat diisi dengan berbagai hal sesuai dengan keinginan pemiliknya. Bila bayi dididik dengan baik maka akan seperti kertas yang terisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi siapa pun yang membacanya. Jadi, membentuk kepribadian baik seseorang anak ibarat menulis kertas putih dengan hal-hal yang bermanfaat.

c.       Sebab Akibat
Pengembangan paragraf sebab akibat bertolak dari peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui kemudian bergerak menuju kesimpulan sebagai akbiat yang terdekat.

Contoh:
Beberapa bulan yang lalu Rudi sering tidak masuk sekolah tanpa alasan. Setiap kegiatan belajar mengajar Rudi juga tidak pernah memerhatikan guru dan selalu sibuk sendiri dengan tingkahnya yang aneh-aneh. Selain itu Rudi juga sering tidak tertib dalam memakai seragam. Karena kenakalannya itu akhirnya Rudi mendapatkan teguran dan pengarahan dari Guru BP, Wali Kelas dan Kepala Sekolah.


DAFTAR PUSTAKA

Isdriani, Pudji. 2011. Seribu Pena Bahasa Indonesia untuk SMA?MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Kosasih, Engkos. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 2 untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Winarti, Lulu. 2008. Seri pendalaman Materi Bahasa Indonesia SMA dan MA. Jakarta: Erlangga

Sumber gambar: d13llo.blogspot.com dan sun-site.blogspot.com dan http://sun-site.blogspot.com/2010/03/paragraf-induktif-dan-deduktif.html

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

1.      Bacalah paragraf berikut ini dengan seksama!
            Coklat pertama kali ditemukan di daerah Puerto Escondido, Honduras, sekitar tahun 1100-1400 SM. Coklat mempunyai rasa yang dominan dan dapat menghasilkan efek jantung yang berdebar dan perasaan senang meningkat. Coklat terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu coklat hitam, coklat putih, dan coklat susu. Coklat hitam adalah coklat yang terbuat dari biji kokoa dan berwarna lebih pekat dan gelap. Coklat putih terbuat dari mentega, kokoa, gula, dan susu. Sedangkan, coklat susu terbuat dari bubuk susu. Secara garis besar, coklat apapun jenisnya memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti anti kanker, penstimulan otak, dan lain-lain.

Pola pengembangan paragraf tersebut menggunakan hubungan…..
a.      deduktif
b.      Sebab akibat
c.       Akibat sebab
d.      Analogi
e.      Generalisasi

Kunci: E
Pembahasan:
Pada paragraf di atas dibicarakan tentang jenis-jenis coklat yang merupakan fakta-fakta yang dikumpulkan dan menarik simpulan pada akhir paragraf sebagai kalimat utama.
2.   (1) Kekuasaan itu selalu nikmat dan menggoda para penggenggamnya. (2) Sehingga  para politikus di lingkaran kekuasaan dan di area partai politik berebut kekuasaan dan pengaruh. (3) Semua seolah terbuai dan menjadi gila kekuasaan. (4) Praktis politik ala Nicollo Machiavelli yang menghalalkan segala cara dipergunakan. (5) Hal itu tampak mengolok akhir-akhir ini.
Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat….
a.      (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.      (5)
Kunci: A
Pembahasan:
Gagasan utama paragraf di atas terdapat pada kalimat pertama dan bisa dipastikan pargraf di atas merupakan pargraf deduktif.


UNTUK CONTOH SOAL YANG LAIN MENGENAI PARAGRAF DEDUKTIF INDUKTIF ANDA BISA KLIK DI LINK BERIKUT INI UJI KOMPETENSI 3 (KLIK DI SINI)


TUGAS MANDIRI
Carilah artikel menarik dari surat kabar atau artikel dari blog ini (www.fendysastra.blogspot.com)  kemudian carilah kalimat utama dari masing-masing paragraf tersebut. Sertakan sumber artikel yang kalian kutip!

ads

Ditulis Oleh : fendysastra Hari: 8:53 PM Kategori:

12 comments:

  1. nama : kurniadi
    kelas : XI IPA 1
    nomer : 14

    pertanyaan untuk bapak ahmad effendi,
    1. apakah kita dapat menggunakan majas atau gaya bahasa dalam mengembangkan pola kalimat analogi ?
    2. biasanya dalam soal ujian nasional bahasa indonesia, kita diberi suatu bacaan yang pertanyaan tentang kalimat utama atau ide pokok. pertanyaan saya apakah kita dapat mencari kalimat utama dan ide pokok dengan langsung melihat kalimat didepan atau dibelakangnya saja ?
    3.apakah kata-kata seperti:oleh karena itu, oleh sebabitu, maka, kesimpulannya dapat menandakan bahwa kalimat tersebut kalimat utama ?
    4. biasanya dalam menentukan kalimat utama dalam soal. kita sering ditekankan untuk membaca cepat. pertanyaan saya lebih efektif manakah antara membaca cepat dengan membaca cermat untuk menentukan kalimat utama ? tolong dijelaskan pak,,, di kelas,,

    ReplyDelete
  2. NAMA : WULANDARI
    KELAS : XI IPA 1
    NO : 28


    bertanya pak...
    1. apakah paragraf generalisasi itu kesimpulanya bersifat umum?
    2. apakah paragrag analogi itu harus diibaratkan dengan benda atau bermajas,setau saya setiap soal saya baca sebagian besar paragraf analogi diibaratkan dengan suatu benda contohnya : bayi ibarat kertas putih, keimanan dengan tiang, kehidupan ibarat roda berputar,dll.
    3. apakah bisa dikatakan paragraf deduktif berbanding terbalik dengan paragraf generalisasi. karena kalau saya cermati ide pokok deduktif bersifat umum kemudian diikuti kalimat selanjutnya bersifat khusus, seperti halnya kebalikan dari generalisasi.
    sekian pertanyaan saya. terimakasih atas jawabanya pak...

    ReplyDelete
  3. @Kurniadi: terima kasih, wah pertanyaannya banyak sekali tetapi justru ini yg saya suka & Insya Alloh saya jwb satu persatu:

    1. Gaya Bahasa (majas) dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah paragraf (apapun bentuk paragrafnya) tdk hanya induktif analogi saja!
    2. Bisa itu cara cepat dg berpedoman pd ciri2 deduktif n induktif, ttp juga harus berhati2 karena option jwban yg diberikan kadang2 dibuat mirip dan menjebak
    3.Betul itu bisa menandakan kalimat utama induktif ttp kadang2 juga deduktif induktif alias campuran maksud gue (hehehehe) maka WASPADALAH>>>>WASPADALAH>>>>>
    4. Yg paling efektif adalah MEMBACA CEPAT N CERMAT

    OK makasih Kuriniadi yg masih di XI IPA 1 (semoga ga' GALAU pindah2 kelas lagi (^^,)...Ok demikian jawaban singkat dr sy smoga bisa sedikit membantu SALAM FENSAS

    ReplyDelete
  4. @Wulandari:
    Dijawab Nak....hehehehe...(^^,)..

    1.Iya dong kesimpulannya bersifat umum yang mewakili dari fakta2 khusus yg dikumpulkan
    2. Ya analogi kan membandingkan, perbadingan yg paling mudah untuk menjadi contoh ya benda. Tapi tidak harus selalu benda lho yg dibandingkan??? Kira2 kalo yg dibadingkan bukan benda apa mbak Wulan??? Ayo satu contoh dapet 1 milyar lho (hehehehehe)....
    3. Bisa kok deduktifnya dibalik jadi induktif generalisasi. Kan tinggal yg umum-khusus-khusus-khusus DIGANTI khusus-khusus-khusus umum. Tapi inget generalisasi harus mengumpulkan fakta-fakta pendukung sebelum ditarik simpulan yg bersifat umum.

    Ok Mbak Wulan semoga jawabanya dapat membantu SALAM FENSAS

    ReplyDelete
  5. pak galau gimana saya hanya grogi pak di kelas mewah, sayakan anak biasa,,,

    pak saya mau bertanya lagi,
    kalo ujian nasional bapak effendi punya trik gak untuk mengerjakan cepat dalam hal mencari ide pokok atau kalimat utama??

    salam PK sejati ( PINTAR DAN KREATIF)

    ReplyDelete
  6. nama;ayu purnama sari
    kelas;XI IPS 2

    materinya sippppppp

    ReplyDelete
  7. nama;ayu purnama sari
    kelas;XI IPS 2

    materinya sippppppp

    ReplyDelete
  8. Nama :Tatang cahya permana
    kelas : XI IPA 1

    Pak jika disuatu paragraf terdapat 2 ide pokok diawal dan diakhir dinamakan apa?

    ReplyDelete
  9. Nama : Romly
    No : 18
    Kelas: XI IPA 1

    sebelumnya saya minta maaf ya pak, baru bisa komentar sekarang. saya bingung mau tanya apa, tapi saran saya pak di materi MENEMUKAN PERBEDAAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF ini diberikan beberapa soal yang mengenai materi ini (soal UN).
    sekian saran dari saya apabila saya salah kata mohon dimaafkan

    ReplyDelete
  10. @kur: triknya nanti ya dikls aja
    @ayu: mksh
    @tatang: namanya pargrf cmpuran alias deduktif induktif
    @romly:thx sarannya, n update terus di blog fendysastra ini krn sbntr lg akn sy brikan cth latihan soal n kunci dan hasil skor dg cara yg menyenangkan

    ReplyDelete
  11. pas banget pak saya lagi nyari perbedaan paragraf induktif dan deduktif, terima kasih ya pak atas ilmunya yang sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama terima kasih juga telah berkunjung di fensas (^^,)..

      Delete

 

Adsensecamp

ppcindo