Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, August 3, 2012

Menemukan Pokok-Pokok Isi Sambutan/Khotbah


STANDAR KOMPETENSI: Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
KOMPETENSI DASAR      : Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah
Ustaz Yusuf Mansur


                Sambutan merupakan jenis pidato yang disampaikan secara tertulis atau lisan. Sambutan biasanya disampaikan oleh orang tertentu karena jabatan atau kedudukannya. Sebagaimana pidato, sambutan juga terdiri dari tiga bagian yaitu: pendahuluan, isi, dan penutup.
1.       Pendahuluan (pembukaan), berisi:
a.       Salam pembuka
b.      Ucapan syukur kepada Tuhan YME
c.       Ucapan terima kasih
d.      tujuan
2.       Isi, berisi:
a.       Latar belakang materi atau permasalahan
b.      Uraian materi pokok (uraian mengenai tujuan dan isi kegiatan)
3.       Penutup, beisi:
a.       Simpulan
b.      Harapan-harapan
c.       Permohonan maaf
d.      Permohonan doa restu

Langkah-langkah untuk mengubah pokok-pokok isi sambutan/khotbah menjadi informasi yang berbentuk paparan, antara lain:

1.      Menemukan pokok-pokok isi sambutan/khotbah
2.       Menghubungkan pokok-pokok isi sambutan/khotbah tersebut dengan konjungsi atau kata penghubung yang tepat.
3.       Mengembangkan pokok-pokok isi sambutan/khotbah dalam beberapa kalimat.

 
Perhatikan Contoh pidato berikut ini!


PENGARUH INTERNET TERHADAP REMAJA


Assalamualaikum wr wb.
Bapak/ ibu guru beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pengaruh Internet Terhadap Remaja”.
Sebelum saya memulai berpidato saya ingin menyampaikan batasan masalah yang akan saya sampaikan didalam pidato hari ini, yakni diantaranya ; pengaruh internet terhadap remaja dilihat dari segi positif dan dari segi negatif.
Internet, kata yang tidak asing ditelinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang bertekhnologi, mewah, dan praktis.  Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada. Dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui HP dimanapun kita berada, atau jika tidak, disetiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “Warnet”.  Dunia Informasi Tanpa Batas, begitulah orang-orang menyebutnya.  Saya sendiri tidak begitu yakin tapi apa boleh dikata memang begitu keadaannya. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata.
Banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana.  Informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini. Lalu apa hubungannya dengan siswa? Tentu saja sangat erat hubungannya dengan siswa karena siswa tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan. Iinternet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dan di manapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.  Siswa yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh? Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran di sekolah.
Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir siswa-siswa yang usil saja yang  melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya.  Namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah. Hal itu memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam di depan meja dan mendengarkan gurunya berbicara.
Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap siswa untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda). Remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya. Dia akan mengikuti hal yang paling dominant yang berada didekatnya.  Jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negatif tergantung dari mana dia memulai.
Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Akan tetapi, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya.  Dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.
Maka dari itu alangkah baiknya jika kita bisa dengan bijak menggunakan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita. Selaku remaja kita semua harus dapat menguasai teknologi yang sedang berlari kencang pada era ini, karena dengan demikian kita pun akan ikut berlari menyongsong masa depan.
Sekian, dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.
Diambil dari:

Dari contoh pidato di atas maka dapat ditulis beberapa pokok-pokok isi pidatonya, yaitu:
1.       Iinternet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dan di manapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalah gunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila
2.       pada umumnya internet digunakan oleh setiap siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran yang ia terima disekolah
3.       Internet memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari sumber informasi dan ilmu pengetahuan dibandingkan dengan siswa-siswa yang hanya duduk diam di depan meja dan mendengarkan gurunya berbicara
4.       Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya
5.       kita harus bijak menggunakan fasilitas internet dengan sebaik-baiknya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan pribadi kita




Perhatikan dengan seksama video berikut ini, kemudian diskusikan dengan teman satu kelas tentang pokok-pokok isi khotbah yang terdapat di dalamnya!



DAFTAR PUSTAKA

Ambarwati, Sri. 2012. Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas XI Semester Gasal. Klaten: Viva Pakarindo
Isdriani, Pudji. 2011. Seribu Pena Bahasa Indonesia untuk SMA?MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Tim Kreatif Simpati. 2012. Sarana Pasti Meraih Prestasi SIMPATI SMA MA Kelas XI Semester 1 Bahasa Indonesia. Surakarta: Grahadi.
www.youtube.com
 www.saryadinilan.blogspot.com


CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
1.      1. Bacalah baik-baik teks khotbah berikut ini!
Dalam perjuangan umat tampak bagi kita bagaimana Rasul SAW dan para sahabatnya bahu membahu dan saling bekerja sama dengan baik. Rasul SAW telah membagi tugas yang sesuai dengan kondisi masing-masing sahabat. Para sahabat menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Tak ada di kalangan para sahabat yang iri dengan sahabat yang lain. Semuanya menerima dan melaksanakan setiap tugas dengan baik meskipun resikonya sangat besar.
Berikut ini adalah pokok-pokok isi khotbah kecuali….
a.       Rasul SAW dan para sahabatnya saling bekerja sama dengan baik
b.      Rasul SAW membagi tugas sesuai dengan kondisi setiap sahabat
c.       Para sahabat menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya
d.      Para sahabat menerima dan menjalankan setiap tugas dengan baik
e.       Para sahabat saling iri hati karena beban tugas mereka tidak sama

Kunci: E
Pembahasan: pilihan E menyatakan bahwa “Para sahabat saling iri hati karena beban tugas mereka tidak sama.” Pernyataan tersebut tidak terdapat dalam teks khotbah di atas.


2.    2.  Seorang yang malas bekerja dan selalu menggantungkan diri kepada Allah, tanpa sedikitpun berikhtiar dan berusaha, selamanya tidak akan pernah meraih suatu kemajuan dalam hidupnya. Apalagi jika seseorang mudah putus asa. Hal itu akan berdampak negatif bagi diri dan keluarga.

Pokok-pokok isi khotbah di atas adalah….

a.       Seorang yang malas bekerja tidak akan meraih suatu kemajuan dalam hidupnya
b.      Seorang yang mudah putus asa akan berdampak negatif bagi dirinya sendiri
c.       Seorang yang mudah putus asa akan berdampak negative bagi tetangganya
d.      Seseorang yang malas bekerja hanya akan merugikan dirinya sendiri, biarkan saja.
e.       Seseorang yang rajin bekerja itu memang kewajibannya jadi itu adalah haknya.

Kunci: A

Pembahasan: Sangat jelas pokok isi khotbah di atas yaitu “Seorang yang malas bekerja tidak akan meraih suatu kemajuan dalam hidupnya.”

UNTUK LATIHAN SOAL YANG LAIN ANDA DAPAT BERLATIH DI MENU UJI KOMPETENSI 1 (KLIK DI SINI)



TUGAS MANDIRI

1.      Dengarkan pembacaan sambutan atau khotbah secara langsung maupun dari media televisi, radio dan internet!
2. Tulis nama penyampai sambutan/khotbah kemudian catatlah pokok-pokok isi sambutan/khotbahnya!
3.      Susunlah pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat!
4.      Sampaikan secara lisan ringkasan sambutan yang telah Anda buat di depan kelas!
5.      Pokok sambutan tersebut kemudian ditanggapi oleh guru dan teman sekelas..

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 5:06 AM Kategori:

20 comments:

  1. Amanat khotbah di atas:soal hal apa yang kita akses dari internet,itu kita kembalikan ke user yg mengakses atau browsing di suatu situs yg mengandung unsur" negatif,jadi kita harus dapat membentengi diri kita dengan iman yg kuat,tetapi jg tidak dipungkiri orang yg beriman kuatpun kadang jg dpat terpengaruh,karena hal browsing bersifat private atau hanya digunakan orang itu sendiri.sekian,salam FENSAS

    ReplyDelete
  2. @Raka: pemikiran yg masuk akal,dan itu salah satu contoh tentang menanggapi sebuah pidato atau khotbah.
    (Oya Raka XI IPA 2 kan????)

    ReplyDelete
  3. hahahahahah,, raka pikirannya hanya heck pak,,, jadi sedikit negatif

    ReplyDelete
  4. nama:ricky tri prasetyo
    kelas:x1 ipa 2
    bagaimana cara menentukan pokok pikiran itu apakah harus di pilih smua atau hal2 yg bersangkutan

    ReplyDelete
  5. Nama : Prastikawati Erna Chandradewi
    kelas : XI IPA 2
    assalamu'alaikum.wr.wb.
    isi khotbahnya bagus pak sesuai dengan kondisi remaja saat ini.
    apalagi di zaman modern ini banyak orang yang menyalah gunakan internet.
    wassalamu'alaikum,wr.wb.

    ReplyDelete
  6. nama :tri susilawati
    kelas:x1 ipa 2
    assalamual'aikum.wr.wb
    pak mengapa di zaman yang modrn ini banyak orang yang kembali ke zaman jahillyah,cuma gara-gara salah menggunakan internet,padahal kalau di pikir kita bisa mengakses yang lebih bermanfaat dari internet,apa ini yang di katakan kondisi pemuda indonesia saat ini,jadi saya setuju dgn isi pidato di atas,agar pemuda indonesia
    merasa tarsindir...
    wassalamu'alaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  7. @Adit: raka kan hecker (^^,)..

    @Ricky: yg namanya pokok pikiran berarti hal2 yg penting mas, penting di sini maksudnya inti dari yg disampaikan tersebut

    @Prastika: yup, kudu2 pandai jaga diri kan????

    @Tri s: kembali lagi ke pribadi masing2 mbk

    ReplyDelete
  8. nama: lilis lestari
    KELAS: 11 ipa 2
    nomor absen: 08
    apa masalahnya bila isi khotbah itu hanya sdikit

    ReplyDelete
  9. @Lilis: maksudnya apa mbk? Meskipun khotbahnya sedikit pasti juga mengandung pokok (inti sari)nya

    ReplyDelete
  10. nama :niken wulandari
    kelas:x1 ipa 2
    ok....khotbahnya sangat bermanfaat,sesuai dengan keadaan kita sekarang.

    ReplyDelete
  11. nama : danang r
    kelaz :XI.S2

    askummm.....

    menurut saya isi khotbahnya bagus pak sesuai dengan kondisi remaja saat ini.

    salam FESAS...kunbal pak dhaenangdanbo

    ReplyDelete
  12. @niken n danang: mksh, oya sesuai dg kondisi rmaja skrg trmasuk kalian..ha..ha..ha

    ReplyDelete
  13. wah....pak materia singkat & bagus...
    apa lagi khotbahnya sangat sesuai banget...

    ReplyDelete
  14. Nama:Ersy
    Kelas: XI S2
    waah...pk materinya singkat &bagus..
    apalagi khotbahnya sangat sesuai baget..
    siipp....

    ReplyDelete
  15. Nama:Nurul
    kelas: XI S2
    pemikiran yg masuk akal pak...

    ReplyDelete
  16. nama : Riyadi Widhiyanto
    kelas : XI IPS 2
    Ok pak, bagus khotbahnya ..

    ReplyDelete
  17. Pokok pokok nya seharusnya efektif jgn tllu pjg kayak paragraf._. Yg ttg internet itu tpi bgus :D

    ReplyDelete

 

viva

Adsensecamp

ppcindo