STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapkan secara lisan informasi
hasil membaca dan wawancara
KOMPETENSI
DASAR : Merangkum Isi Pembicaraan
dalam Wawancar
TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa Mampu Merangkum Isi Pembicaraan
dalam Wawancara
dan menyampaikannnya secara lisan
Wawancara
adalah tanya jawab untuk memperoleh informasi atau keterangan akan suatu hal.
Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung
antara pewawancara dengan narasumber. Sebagai sebuah data, informasi yang
diperoleh dari hasil wawancara harus diubah menjadi laporan tertulis. Laporan tertulis
hasil wawancara berupa laporan tulisan jurnalistik (berita) atau data dalam
bentuk ringkasan.
A.
Menyusun Rangkuman Hasil Wawancara
Rangkuman adalah penyajian singkat
dari suatu pembicaraan atau tulisan. Adapaun langkah-langkah untuk membuat
rangkuman hasil wawancara, antara lain:
1.
Menyimak seluruh pembicaraan dalam wawancara
2.
Mencatat pokok-pokok pembicaraan
3.
Merangkaikan pokok-pokok pembicaraan ke dalam
beberapa paragraph dengan memerhatikan keefektifan kalimat-kalimatnya
Selain langkah-langkah, Anda juga harus memerhatikan
hal-hal penting dalam membuat rangkuman, antara lain:
1.
Menggunakan kalimat efektif
2.
Jumlah paragraf
dalam rangkuman tergantung pada banyaknya pertanyaan dan jawaban
kegiatan wawancara
3.
Mempertahankan susunan topik pembicaraan
Beberapa hal
yang dapat dijadikan panduan untuk mengikuti wawancara, yaitu:
1.
Mengidentifikasi topik wawancara
2.
Memusatkan perhatian
3.
Memerhatikan intonasi, mimik, dan bahasa tubuh
kedua belah pihak yang terlibat dalam wawancara
4.
Menentukan inti dari setiap pertanyaan
5.
Menentukan inti dari setiap jawaban
6.
Merangkum inti pertanyaan dan jawaban sebuah
simpulan wawancara
B. Menjelaskan Hasil Wawancara tentang
Tanggapan Narasumber
Untuk mngetahui isi wawancara dapat
dilakukan dengan cara menyimak dan mencatat isi pokok pembicaraan dalam
wawancara. Cara mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara sebagai berikut:
1.
Menyimak wawancara dengan seksama dari awal
hingga akhir
2.
Mencatat orang yang melakukan wawancara, baik
pewawancara maupun narasumber
3.
Mencatat isi pokok pembicaraan dalam wawancara,
sebagai berikut:
a.
Apa yang dibicarakan atau masalah yang dibahas
dalam wawancara
b.
Tanggapan atau pendapat narasumber: berupa
pendapat tentang penyebab masalah dan penanggulangan masalah yang diabahas
dalam wawancara.
Perhatikan Contoh Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara Berikut Ini!
Laporan Kegiatan Menyimak Wawancara
Nama :
Kelas :
Sumber Siar :
Jam Tayang :
Pewawancara :
Narasumber :
Topik Wawancara :
Pokok-Pokok Isi :
Rangkuman :
Perhatikan wawancara berikut serta uraiannya sebagai bahan pembelajaran
Anda!
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
1.
Narasumber: Sampah-sampah yang hendak diproses
dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah-sampah itu hendaknya
berukuran minimal sekepalan tangan. Tahap kedua adalah sampah yang sudah
dipisahkan tersebut dimasukkan ke dalam bak-bak penampungan menggunakan alat
berat.
Keterangan dari narasumber tersebut merupakan jawaban
atas pertanyaan….
a.
Mengapa perlu dilakukan pengolahan sampah dengan
teknologi baru?
b.
Berapa persenkah masalah sampah dapat
ditanggulangi dengan cara ini?
c.
Siapakah yang memperkenalkan teknologi
pengolahan sampah ini?
d.
Bagaimana cara mengolah sampah dengan teknologi
ini?
e.
Kapan teknologi pengolahan sampah ini mulai
dilakukan?
Kunci: D
Pembahasan: Pertanyaan yang paling sesuai
dengan keterangan dari narasumber di atas adalah “Bagaimana cara mengolah
sampah dengan teknologi ini?”
2. Pertanyaan
yang kurang baik untuk dilontarkan dalam wawancara adalah….
a.
Bagaimana sosok para perampoknya?
b.
Jam berapa tepatnya kejadian tersebut?
c.
Mengapa Anda tidak berteriak minta bantuan?
d.
Bagaimana cara Anda menghadapi para penjahat
semalam?
e.
Apakah Anda yang semalam berada di lokasi
kejadian?
Kunci: C
Pembahasan:
Pertanyaan “C” Mengapa Anda tidak
berteriak minta bantuan? Kurang baik untuk dilontarkan dalam
wawancara karena cenderung memojokkan narasumber. Pertanyaan-pertanyaan yang
cenderung membuat narasumber merasa kurang nyaman sebaiknya dihindari dalam
sebuah wawancara.
3.
Wartawan :
“Kota ini gagal meraih medali emas dari cabang tenis putra. Apa komentar Anda?
Narasumber :
“sebenarnya kami agak kecewa. Namun, atlet kami sudah bermain dengan maksimal.
Mereka juga sudah berlatih keras.”
Inti pokok wawancara di atas adalah….
a.
Kegagalan atlet putra
b.
Kekurangberuntungan atlet tenis dalam meraih
medali emas
c.
Tidak terpenuhinya target atlet tenis putra
d.
Komentar terhadap atlet tenis putra atas
kegagalannya mendapat medali emas pada cabang tenis
e.
Kekecewaan atlet tenis karena gagal meraih
medali emas
Kunci: D
Pembahasan:
Inti pokok atau hal yang sedang dibicarakan dalam wawancara di atas adalah “Komentar
terhadap atlet tenis putra atas kegagalannya mendapat medali emas pada cabang
tenis.”
UNTUK LATIHAN SOAL YANG LAIN ANDA BISA BELAJAR DI UJI KOMPETENSI 1 (KLIK DI SINI) DAN UJI KOMPETENSI 2 (KLIK DI SINI)
TUGAS MANDIRI
1) Perhatikan contoh wawancara dalam
video di atas (Jika kecepatan internet Anda tidak mendukung untuk membuka video
di atas dapat Anda siasati dengan terlebih dahulu men-download (mengunduh) menggunakan IDM (belum punya IDM gratis klik di sini) atau meminta kepada guru, setelah itu lakukan beberapa tugas berikut ini:
1. 2) Pahami
isi wawancara di dalam video tersebut!
2. 3) Setelah
Anda pahami isi wawancara di atas, sebutkan pokok-pokok dari wawancara
tersebut!
3. 4) Berikan
pendapat Anda tentang bagaimana sikap pewawancara dan narasumbernya, adakah
pertanyaan-pertanyaan yang kurang layak disampaikan pewawancara terhadap
narasumbernya?
TUGAS KELOMPOK
1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 2 orang dan lakukanlah wawancara dengan tokoh-tokoh penting di daerahmu.
2. Siapkan daftar pertanyaan untuk narasumber yang Anda pilih
3. Pada proses wawancara 1 anak menjadi pewawancara dan 1 anak merekam proses wawancara (rekaman video minimal menggunakan telepon genggam)
4. Video hasil rekaman wawancara kemudian di upload (diunggah) ke situs www.youtube.com dengan judul WAWANCARA EKSKLUSIF SISWA SMA N 1 GIRIMARTO DENGAN .....(isi dengan nama dan profesi narasumber pilihanmu)
5. Alamat situs dari video yang Anda unggah kemudian disampaiakan ke pada Guru untuk dinilai.
DAFTAR PUSTAKA
Kosasih, Engkos. 2008. Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 2 untuk
SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Tim Kreatif Simpati. 2012. Sarana Pasti Meraih Prestasi SIMPATI SMA MA
Kelas XI Semester 1 Bahasa Indonesia. Surakarta: Grahadi.
Sumber gambar: http://teguh212.blog.esaunggul.ac.id/2012/04/23/teknik-kamera-elektronik-7-multi-camera/apa-kabar-indonesia-2/
nama : fery yelyanto
ReplyDeletekelas : XI IPA 1
pak, saya mau bertanya apakah kita dapat merubah sebuah artikel atau berita kedalam sebuah teks wawancara, padahal jika teks wawancara bisa dirubah ke dalam sebuah artikel ?
Nama : R.Lutfitasari
ReplyDeleteKelas : XI.A1
Pak, saya mau bertanya
jika ada kesalahan disaat pewawancara mewawancarai narasumber bagaimana sikap kita dalam menghadapi situasi tersebut apakah harus tenang atau mungkin meminta maaf dan mengulangi wawancara dari awal?
@Fery: tentu saja bisa tapi ingat wawancara pasti ada Narasumber, jadi teks wawancara harus tepat dan sesuai dengan keadaan narasumber. Apa profesinya, jabatannya, prestasinya, dll.
ReplyDelete@Rihatin L: semua org pasti tdk luput dari kesalahan bahkan seorang penyiar ternama pun pernah melakukan kesalahan ketika membaca berita maupun wawancara. Tetapi mereka selalu bersikap tenang ketika melakukan kesalahan dna tdk lupa mengucapakan kata maaf dan mengulang pertanyaannya dengan sopan dan halus. Oya lihat di materi MEMBACA BERITA di sana ada contoh beberapa penyiar yang keliru ketika membawakan berita
NAMA:YUNUS S.A
ReplyDeleteKELAS: XI A1
Pak, sebelumnya saya bertanya yg dimaksud kalimat efektif itu yang bagaimana?
Dan apakah untuk merangkum isi pembicaraan dlm wawancara harus dlm bentuk tulisan/paragraf? bisakah kalau seandainya kita gunakan cara lain misalnya; dengan skor atau apa gitu yg lebih mudah & simple?
dan bagaimana pula jika semua jawaban dari narrasumber merupakan inti dari wawancara, apakah kita juga perlu merangkum isinya?
@Yunus: kalimat yang efektif adalah kalimat yang singkat, padat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat. Rangkumannya berupa poin-poin (inti) yang disampaikan oleh narasumber, kalau pakai skor sepertinya tidak bisa. Jika semua jawaban dari narasumber merpakan inti dari wawancara ya tinggal direkam dan ditulis sebagai laporan hasil wawancara, trimksh
ReplyDeleteNAMA : Santi Eka Rahmawati
ReplyDeleteKELAS: XI A1
Pak saya mau tanya apa saat merangkum wawancara itu harus melulu tergantung pada banyaknya pertanyaan dan jawaban pada saat wawancara,,
dan mempertahankan susunan topik pembicaraan itu bagaimana ya pak,, makasih,,
NAMA : FITRI LESTARI
ReplyDeleteKELAS: XI A1
Pak sya mau tanya bagaimana sikap tubuh atau mimik kita agar terlihat sopan dan tidak urakan,,
dan apa tips agar kita tidak grogi saat wawancara,,
nama: savitri
ReplyDeletekelas: xi a1
pak kalau saat wawancara tidak sengaja berkata tidak sopan gimana?langsung bersikap sopan atau minta maaf dahulu?
@santi : yang namanya merangkum berarti cukup diambil pokok-pokok wawancaranya saja
ReplyDelete@pipit: minta maaf dan melanjutkan wawancara dengan sikap yg sopan
@Fitri: penampilan fisik dulu diperhatikan apakah sudah sesuai dengan tema dan narasumbernya, kemudian baru body language diatur dengan wajar dan tidak berlebihan, termasuk selalu berhati2 dalam berkata2
sangat bermanfaat untuk siswa SMA seperti saya, terima kasih:)
ReplyDeleteClassic Titanium Earrings - Home | TITanium-arts.com
ReplyDeleteClassic earrings include a unique necklace titanium pry bar and bracelets. This pair features a pattern titanium pot with a rocket league titanium white octane unique pattern and the ceramic vs titanium earrings microtouch titanium trim are unique in
fs733 sapatilhaskedsportugal,on running türkiye,cat bakancs,gymshark nederland,caterpillarbootscanada,altra sale canada,gymshark sale,sapatilhasasics,Chaussure altra xa711
ReplyDelete