Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sunday, January 8, 2012

MU Akhirnya Jadi Raja Manchester

Photo By AFP/Getty Images

Manchester - Seru dan mendebarkan, mungkin itulah kata-kata yang pantas untuk menggambarkan pertandingan bertajuk Manchester Derby antara Manchester City melawan Manchester United.

Pertandingan akbar bertajuk Manchester Derby, yang mempertemukan dua rival sekota Manchester City melawan Manchester United, tersaji di babak ketiga Piala FA yang dihelat di Stadion Etihad, Minggu (8/1/2012) malam WIB.

Pelatih Manchester City Roberto Mancini mengusung formasi 4-5-1 di partai ini. Bober Sergio Aguero dipasang sendiri di depan dan didukung lima gelandang enerjik, yakni Adam Johnson, David Silva, Samir Nasri, James Milner, dan Nigel De Jong.


Adapun, untuk posisi penjaga gawang, Mancini menyerahkan sepenuhnya kepada kiper kedua City Costel Pantimolon. Belum ada keterangan yang pasti terkait alasan Mancini memilih menurunkan Pantimilon ketimbang Joe hart.

Manchester United sementara menggunakan formasi menyerang andalannya, yakni 4-4-2. Duet Wayne Rooney dan Danny Welbeck menjadi andalan di lini depan untuk membongkar pertahanan tim tuan rumah.

Sementara di lini belakang, Rio Ferdinand yang telah absen lama akibat cedera terlihat mengawal pertahanan MU sejak awal. Pemain berkebangsaan Inggris itu berduet dengan Phil Jones.

Secara keseluruhan, pertandingan berjalan menarik dan menegangkan. Kedua tim sama-sama mengusung gaya bermain terbuka, sehingga banyak sekali shoots on goal tercipta bagi kedua tim di sepanjang babak pertama.

Sebagai tuan rumah, City langsung tancap gas sejak peluit pertandingan dibunyikan. Beberapa kali Sergio Aguero melepas tembakan keras jarak jauh yang untungnya masih bisa diantisipasi dengan baik kiper Anders Lindegaard.

Namun, dominasi City di pertandingan ini hanya bertahan selama tujuh menit saja. Setelahnya, MU mulai bisa sedikit demi sedkit mengambilalih kontrol permainan.

Kebuntuan MU akhirnya terpecahkan saat pertandingan baru bergulir sepuluh menit. Berawal dari sebuah skema serangan balik, Wayne Rooney mengirim umpan terobosan kepada Valencia yang sudah menunggu dari sisi sayap kanan.

Dengan sekali kontrol, Valencia kemudian mengirim umpan silang yang langsung disambut tandukan keras Rooney yang mendadak merangsek masuk ke kotak penalti. 1-0 MU memimpin.

Petaka menimpa City saat pertandingan baru menginjak menit ke-12. Kapten Vicent Kompany langsung dihadiahi wasit kartu merah karena menekel Nani dengan dua kaki.



Di menit ke-14, giliran Manchester City yang ganti nyaris mencetak gol.Sepakan keras Aguero dari luar kotak penalti masih mampu ditepis Lindegaard.

MU menggandakan keunggulannya saat pertandingan memasuki menit ke-30. Berawal dari sebuah kemelut di depan gawang City, Welbeck dengan tenang mengontrol bola liar dan kemudian melepas tandang voli ke pojok kiri gawang. 2-0 MU memimpin.

Derita Manchester City semakin menjadi tatkala Rooney kembali sukses mencetak gol dan membawa MU unggul jauh 3-0.

Diawali pelanggaran keras Aleksandar Kolarov terhadap Welbeck di kotak penlti, wasit langsung menunjuk titik putih bagi MU. Penalti Rooney memang masih mampu ditepis Pantilimon, namun bola liar langsung ditanduk masuk ke gawang oleh rooney.

Hingga pertandingan babak pertama usai, keunggulan tiga gol MU tetap tak berubah.

Pertandingan di babak kedua berlangsung lenih menarik lagi. Manchester City sukses memperkecil ketertinggalannya beberapa saat setelah babak kedua bergulir.

Aleksandar Kolarov melepas tendangan bebas melengkung ke pojok kanan gawang dan tak mampu diselamatkan Anders Lindegaard. Kedudukan kini berubah menjadi 3-1 bagi keunggulan MU.

Gol itu sontak melecut semangat para pemain City untuk terus mengurung pertahanan MU. Tendangan keras jarak jauh Samir Nasri di menit ke-56 nyaris berbuah gol kedua City, beruntung Lindegaard masih mampu menepisnya.

Gelandang legenda Manchester United yang musim lalu memutuskan gantng sepatu, Paul Scholes, kembali bermain di pertandingan ini.

Scholes masuk di menit ke-59 mengantikan Nani. Namun, kini dia menggunakan nomor punggung 22, tak lagi mengenakan nomor keramat 18 miliknya dulu.

Manchester City kembali menemukan asanya untuk memenangakan pertandingan tatkala Sergio Aguero sukses memperkecil ketertinggalan City menjadi 3-2.

Gol tersebut tercipta di menit ke-65. James Milner melepas umpan silang datar yang langsung disambut firts time Aguero.

Bola masih mampu ditepis Lindegaard, namun bola liar dimanfaatkan Aguero untuk mencetak gol. Kedudukan berubah menjadi 3-1 masih bagi keunggulan MU.

Gol ketiga Manchester City nyaris saja tercipta di masa injury time. Kolarov kembali melepas tendangan bebas mematikan. Beruntung, Lindegaard tampil luar biasa mengawal gawangnya.

Hingga pertadingan berakhir, keunggulan 3-2 MU tetap tak berubah. Dengan demikian, jatah satu tiket ke babak keempat Piala FA kini menjadi milik MU.

Sumber: inilah.com

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 10:31 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo