Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, January 14, 2012

INI DIA 9 NEGARA EROPA YANG TURUN PANGKAT KARENA TERLILIT HUTANG

foto: reuters

Lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's menurunkan peringkat 9 negara di Eropa karena terlilit krisis utang yang cukup parah. Apa saja negara yang turun peringkatnya?

Dalam pengumumannya, ada empat negara yang peringkatnya turun dua tingkat yakni:

Italia
Spanyol
Portugal
Siprus

Kemudian, ada lima negara yang peringkatnya turun satu tingkat yaitu:



Prancis
Austria
Malta
Slowakia
Slovenia
"Keputusan peringkat baru ini didorong oleh hasil kajian kami bahwa inisiatif kebijakan yang diambil oleh pemerintah di Eropa dalam beberapa pekan ini belum cukup untuk memperbaiki sistem ekonomi di kawasan tersebut," demikian isi pernyataan Standard & Poor's yang dikutip dari Reuters, Sabtu (14/1/2012).

Keputusan Standard & Poor's ini membuat peringkat Italia turun menjadi BBB+ yang berarti setingkat dengan Kazakhstan. Sementara peringkat Portugal makin merosot.

Meski begitu, Jerman lolos dari penurunan peringkat. Saat ini peringkat Jerman masih AAA. Pengumuman penurunan peringkat ini membuat 'gerah' pemerintah negara Eropa. Terutama Prancis dan Austria yang peringkatnya turun dari AAA.

Akibat peringkat yang turun ini, euro turun lebih dari 1%, Saham-saham di bursa Eropa yang awalnya naik langsung berbalik negatif setelah pengumuman penurunan peringkat tersebut.




Sumber: detik.com

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 9:25 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo