Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, March 18, 2013

MOTOR PALING IRIT “TERBUKTI KINI MILIK YAMAHA”






Motor paling irit? Kalimat ini tentu pernah jadi perdebatan sobat fensas (sebutan untuk pembaca fendysastra). Pengalaman perdebatan tentang motor paling irit  juga pernah fensas alami beberapa waktu yang lalu. Hingga akhirnya fensas pun menemukan jawabannya.
Berawal dari iklan Yamaha Mio J yang mengusung kalimat “Semakin Cepat Semakin Irit…It’s Magic  membuat fensas penasaran dengan teknologi motor matic Yamaha terbaru yang katanya lebih irit 30% itu.
Setelah Yamaha mengeluarkan varian baru Mio J Teen dengan nuansa 3 warna dalam satu motor rasa penasaran fensas berubah menjadi keinginan yang luar biasa untuk membawa motor keren ini ke rumah. Wah kali ini fensas benar-benar terhipnotis oleh kata-kata sihir “Aitakatta” dari JKT48 di iklan Yamaha Mio J Teen
Its Magic….! Seperti kalimat yang selalu muncul di iklan Mio J benar-benar merupakan “majic” yang luar biasa. Apalagi muncul jurus pamungkas Yamaha dengan jargon baru 1000% Joyfull berhasil menuntun fensas ke salah datu dealer resmiYamaha di daerah Wonogiri.
Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa fensas akhirnya memutuskan untuk membeli motor matic keluaran Yamaha. Berbekal dari pengalaman fensas yang sebelumnya merupakan pemakai setia Yamaha Jupiter Z, tentu fensas tahu bagaimana kehebatan teknologi motor Yamaha. Berikut beberapa kelebihan motor Yamaha berdasarkan pengalaman fensas dengan Jupiter Z sejak 2005 silam:

1.       Dari segi penampilan, dari dulu memang Yamaha terkenal dengan desain motornya yang ciamik. Lihat saja di awal tahun 2000-an Yamaha sudah mengeluarkan Jupiter Z  dengan desain yang futuristis. Desain Jupiter Z ini masih dipakai sampai sekarang dengan sedikit perubahan dan penyempurnaan. Yang lebih membanggakan adalah desain itu masih digemari sampai sekarang. Bahkan motor kompetitor tak segan-segan mencontek desain keren Yamaha Jupiter Z ini. Wah…wah..wah….(sambil geleng-geleng).

2.       Kualitas Yamaha tentu tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari ketangguhan dan keawetan mesin dan tentu saja kualitas rangka serta awetnya striping dan cat motornya. Berdasarkan pengalaman fensas dengan Jupiter Z dari tahun 2005 sampai 2012 (kira-kira 7 tahun) motor tersebut tidak pernah rewel apalagi macet,  yang penting service dan ganti olinya rutin dan diutamakan di bengkel resmi Yamaha seperti yang fensas lakukan. Untuk cat motor yang menempel di body Si Jupiter Z juga terbilang awet, meskipun menginjak usia ke 7 tapi masih mulus dan kinclong. Padahal dari awal beli, fensas tidak pernah memakai pelindung body alias skotlet atau cutting stiker dan sejenisnya. Menurut fensas sayang sekali body motor sekeren itu harus ditutupi hanya karena alasan biar awet atau takut catnya pudar.  Mau buktinya berikut foto Jupiter Z 2015 yang fensas miliki.

Si Kecil Bersama Yamaha Jupiter Z 2005


Nah itu tadi beberapa alasan kenapa akhirnya fensas memutuskan untuk membeli Mio J. Namun yang paling membuat fensas takjub pada Mio J adalah harganya yang murah dengan kualitas yang disempurnakan (Hebat banget kan Yamaha????).

Bagaimana pengalaman fensas dengan Mio J ? Berikut ceritanya:
Sejak awal fensas memang sudah membidik Mio J Teen karena terpesona dengan striping dan permainan tiga warna menarik yang dipancarkan dalam satu motor. Tentu saja ini juga membuktikan jika hanya Yamaha yang berani menampilkan sesuatu yang baru dengan mengutamakan kualitas,  keindahan dan desain yang futuristis.

Ada lima varian warna Mio J Teen, yaitu (1) hitam-putih-merah (2) hitam-hijau dan abu-abu muda, (3) putih-biru dan abu-abu muda, (4) putih-hitam-dan abu-abu muda, serta (5)  putih-merah dan abu-abu muda.  Dari sekian banyak varian warna yang keren itu  akhirnya fensas menjatuhkan pilihan pada Yamaha Mio J Teen warna Hitam, Putih, dan Abu-Abu Muda. Bahkan di bulan Maret 2013 ini Yamaha juga mengeluarkan Mio J Teen dengan New Striping dan warna-warni  baru yang GAUL ABIZZZ….!!!!

Mio J Teen dan Si Kecil

MIO J TEEN New Striping

Kembali ke pengalaman fensas memakai Mio J Teen, berikut fensas rangkumkan khusus untuk sobat fensas semua:
Hal pertama yang fensas rasakan ketika memakai Mio J Teen adalah tarikannya kencang, nyaman dan stabil. Jika ada yang mengatakan teknologi injeksi di motor matic tidak cocok untuk medan yang banyak tanjakannya, maka itu tidak berlaku untuk Mio J. Buktinya fensas yang rumahnya di daerah pegunungan (Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri) tetap merasakan kenyamanan dan tidak pernah ada kendala apapun ketika memakai Matic Seksi ini.
Mungkin sobat fensas pernah mendengar pengalaman beberapa orang yang memakai  motor injeksi kompetitor Yamaha sering brebet-brebet ditanjakan. Bagaimana dengan Mio J??? Ternyata Mio J tetap kencang dan stabil di tanjakan. Apalagi di jalanan datar, tarikannya kenceng, sieeeeng…….!!!!!! Mantap. Pokoknya Mio J hebat di jalan datar dan handal di tanjakan. Ini membuktikan jika teknologi fuel injection Yamaha memang handal. Motor injeksi Yamaha tak pernah mengalami brebet-brebet meskipun menggunakan bahan bakar premium.
Kecanggihan mesin Mio J ditopang teknologi yang diterapkan Yamaha yaitu menyatukan ketangguhan mesin Yamaha yang terkenal paling juara dipadukan dengan Diasil Cylinder dan Forged Piston ditambah lagi Teknologi Mutakhir Fuel Injection(YM Jet-FI). Maka tak heran jika pihak Yamaha berani mengklaim bahwa dengan teknologi YM Jet-FI akan menghasilkan motor matic performa tinggi secepat jet dengan konsumsi BBM lebih irit 30% dan kelincahan seunik Mio. Dahsyat……..!!!!!!!
Bagaimana dengan iritnya Mio J? Fensas pun tertarik untuk menguji keiritan Mio J. Selama seminggu pertama mencoba Mio J, fensas sempat terkaget-kaget karena indikator jarum bensin belum juga turun dari kondisi fuel padahal setiap hari fensas gunakan untuk mengajar di salah satu SMA di wilayah kecamatan Girimarto. Belum lagi sore hari si Mio J ini juga sering fensas ajak jalan-jalan supaya lebih kenal dengan jalanan kampung di sekitar rumah yang didominasi dengan tanjakan dan turunan.
Akhirnya fensas coba-coba untuk mengukur seberapa irit Si Mio J dengan cara yang sederhana. Catatan keiritan ini fensas mulai ketika mengisi premium secara penuh di SPBU. Pada waktu itu speedometer menunjukkan angka 334 km. Supaya tidak lupa fensas catat kilometer 334 ini di agenda ponsel. Nah beberapa hari kemudian ketika indikator jarum hampir menyentuh huruf E fensas kemudian bergegas ke SPBU terdekat untuk pengisian bensin. Kali ini fensas kembali mengisi bensin (premium) secara penuh dan ternyata speedometer sudah menunjuk angka 478 km. Pada waktu itu untuk mengisi bensin secara penuh fensas mengeluarkan uang Rp 15.000,- (lima belas ribu rupiah). Sebenarnya hanya sekitar empat belas ribu enam ratus rupiah tetapi oleh petugas SPBU dibulatkan menjadi lima belas ribu rupiah (“maklum”…pengalaman ini tentu pernah sobat fensas alami).
Akhirnya proses penghitungan konsumsi BBM dimulai. Proses awal yang fensas lakukan adalah menghitung jarak tempuh ketika proses pengujian dimulai yaitu dengan patokan speedometer terakhir ketika isi bensin secara penuh (478 km) dikurangi speedometer ketika pengisian bensin pertama (334 km) dan hasilnya adalah 478-334=144. Jadi fensas mencatat dengan uang lima belas ribu rupiah maka Mio J bisa menempuh jarak 144 km.
Supaya lebih jelas berapa konsumsi premium Mio J perliternya fensas pun menghitung lagi yaitu dengan cara mengetahui jumlah liter yang digunakan yaitu 15.000 (total uang untuk mengisi bensin secara penuh) dibagi harga premium perliternya (4.500) dan hasilnya adalah 3,3 liter. Jadi dengan bensin 3,3 liter Mio J yang fensas pakai bisa menempuh jarak 144 kilometer. Ini berarti 1 liter bensin bisa menempuh jarak 43,6 kilometer.
Kesimpulannya Mio J yang fensas pakai untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 44 km. Menurut fensas ini sudah luar biasa irit mengingat kondisi jalan di daerah fensas yang didominasi oleh tanjakan yang cukup curam. Itupun fensas hanya menggunakan bahan bakar jenis premium bukan petramax. Maka tidak heran jika  ada beberapa orang yang pernah bercerita ketika memakai Mio J perliternya mampu menempuh jarak 54,6 km, 61,5 km, bahkan sampai 70 km (wah semakin gila-gilaan iritnya…MANTAP….!!!). Hal tersebut bisa dipahami karena beberapa faktor antara lain jenis bahan bakar yang digunakan, kondisi jalan bebas tanjakan, bebas macet, beban pengendara atau faktor gaya mengendara yang berbeda-beda dengan standar kecepatan yang berbeda-beda pula . Dan pengalaman-pengalaman hebat tersebut bisa sobat baca di sini, di sini, atau di sini.

Merasa puas dengan performa dan keiritanMio J Teen fensas pun kembali dikejutkan dengan body yang menempel pada tubuh Si Hitam-Putih dan Abu-abu ini. Ternyata body pada Mio J Teen ini ditutup dengan casing yang berkualitas dan menawan karena jika dilihat dari dekat warna hitam dan putihnya berkilauan dengan nuansa bling-bling yang super mulus. Maka tidak heran jika pada tahun 2012 Mio J Teen dinobatkan sebagai motor terlaris Yamaha.
Yang lebih hebat lagi adalah ketika mencuci motor kesayangan fensas ini. Pada bagian body motor cukup disiram dengan air bersih dan diusap lembut dengan tangan maka debu dan kotoran yang menempel langsung hilang. Namun untuk hasil yang maksimal sobat fensas bisa menggunakan shampoo khusus untuk motor atau shampoo rambut biasa seperti yang selalu fensas lakukan. Meskipun hanya menggunakan shampoo rambut namun jika cara mencucinya benar maka hasilnya pun memuaskan, dijamin kinclong dan cat motor tetap awet. Ingat…! Perawatan yang baik akan berpengaruh pada penampilan motor, masa pakai yang lebih lama, dan performa yang optimal.  
Selain terkenal karena keiritannya, perawatan mesin dan sparepart Mio J juga telah dipersiapkan secara matang oleh pihak Yamaha. Persiapan awal dari pihak Yamaha adalah membuka bengkel dan dealer resmi hampir  di seluruh wilayah tanah air. Bahkan yang membanggakan Yamaha adalah satu-satunya dealer motor dan bengkel resmi yang ada di Kecamatan Girimarto kabupaten Wonogiri.
Cara lain yang digunakan Yamaha untuk memanjakan konsumennya adalah menjamin garansi mesin selama 3 tahun penuh atau 36.000 km pertama. Untuk Diasil Cylinder dan Forged Piston juga mendapatkan garansi yang lebih panjang yaitu selama 5 tahun atau 50.000 km pertama. Tidak hanya itu Yamaha juga memberikan garansi untuk kelistrikan tertentu  selama 2 tahun atau 24.000 km (tergantung mana yang dicapai lebih dulu). Maka sangat tepat jika fensas menyebut Mio J adalah motor yang awet, perawatannya mudah dan tentu saja murah.
Yamaha Mio J Teen
 
Dari beberapa kisah yang fensas sampaikan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Mio J adalah motor fuel injeksi dari Yamaha dengan teknologi yang canggih semakin cepat namun semakin irit. Semakin hebat, semakin awet. Semakin mudah perawatannya dan semakin murah. Benar-benar “Its Magic….1000% Joyfull”. 

XEON RC SI PENGGODA HATI

Yamaha XEON RC

Sukses dengan Mio J kini Yamaha kembali mengeluarkan varian baru dijajaran motor maticnya.  Masih mengusung teknologi canggih terbaru YMJet FI Fuel Injection, Yamaha melahirkan Motor Matic Injeksi Berkelas dan Berkualitas dengan nama Xeon RC. Berbeda dengan Mio J yang menggunakan mesin 113 cc pada Xeon RC ini pihak Yamaha telah membenamkan mesin dengan kapasitas 125 cc.
Beberapa fitur baru telah disematkan pada Xeon RC, antara lain Smart Lock System  dan SmartStand Swich. Dengan fitur Smart Stand Swich maka akan senantiasa mengingatkan jika standar samping belum dilipat mesin tidak akan pernah bisa dihidupkan. Tidak hanya itu dengan fitur Smart Stand Swich ketika standar samping belum dilipat maka bukan Cuma mesin mati, tetapi juga ada lampu indikator yang berkedip memberitahukan jika posisi standar samping belum terbuka. Sedangkan fitur Smart Lock System atau kunci parkirnya sangat mudah digunakan, tinggal tarik rem belakang lalu tekan ke bawah tuas Smart Lock System-nya.
Sama dengan Xeon terdahulu pada varian terbaru Xeon RC ini Yamaha masih menyematkan kunci kontak bermagnet dan bagasi luas yang bisa memuat helm. Tapi perlu digaris bawahai bahwa Yamaha sudah menyematkan kunci kontak bermagnet di semua motor maticnya. Jadi dengan kunci kontak bermagnet ini semua pengguna motor matic Yamaha akan lebih merasa aman dan nyaman.
Seperti yang fensas sampaikan sebelumnya jika teknologi mesin yang diterapkan pada Xeon RC ini sama dengan teknologi yang diterapkan pada Mio J, yaitu  Teknologi Mutakhir Fuel Injection (YM Jet-FI). Pihak Yamaha sendiri telah menjelaskan tentang kehebatan teknologi fuelinjection keluaran Yamaha dengan YM Jet FI-nya. Sistem injeksi pada motorYamaha memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Ketika putaran rendah hanya satu katup yang terbuka, diputaran tengah ke atas keduanya akan terbuka dan mensuplai udara lebih banyak.
Pada aplikasi injeksi YM Jet-FI juga disematkan beberapa penyempurnaan pada mesin, seperti penggunaan roller rocker arm dan sistem kelistrikan tipe Ac/Dc Open Circuit, sehingga tenaganya pun meningkat  sekitar 8% (delapan persen). Dengan teknologi terbaru dan kapasitas mesin 125 cc XEON RC diyakini  mampu menghasilkan tenaga di 8,4 Kw atau sekitar  11,4 PS pada 9.000 rpm. Kecepatan yang meningkat bukan berarti motor menjadi boros. Pihak Yamaha sendiri berani menjamin jika XEON RC juga lebih irit 20% jika dibandingkan pendahulunya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa XEON RC SEMAKIN CEPAT SEMAKIN IRIT.

Desain dan Body XeonRC Bikin Jatuh Hati
                                Desain dan body yang tampak ketika pertama kali melihat Xeon RC adalah sporty dan agresif. Label RC-nya mempertegas jika Yamaha ingin menunjukkan bahwa Xeon RC adalah motor matic  racing berteknologi balap. Maka tidak heran jika Yamaha menggandeng pembalap dunia untuk memperkenalkan matic terbarunya ini. Merupakan pilihan yang tepat ketika Jorge Lorenzo (Juara Moto GP 2012) didapuk sebagai bintang iklan Xeon RC dengan mengusung kalimat KEREN, CEPAT, CANGGIH, SEMAKIN TAKTERTANDINGI…NEW XEON RC, EVERYTHING I NEED.
XEON RC Victorius Red
                                Tampang ciamik Xeon RC tak bisa diragukan lagi. Untuk memanjakan calon pengguna setianya Yamaha telah menyiapkan warna-warna ngejrenk namun tetap sporty. Lima warna Xeon RC mempunyai nama-nama yang cukup keren, antara lain: (1) Victorius Red, yaitu perpaduan  warna merah dan putih, (2) Regal Purple: perpaduan ungu dan putih, (3) Dazzling Black: perpaduan hitam dan kuning, (4) Cosmic White: perpaduan antara putih dan oranye, serta (5)Thunder Bolt Blue, yaitu perpaduan antara warna putih dan biru.  

                Warna-warna yang diterapkan pada Xeon RC memang sangat menarik terlebih lagi jika sobat fensas melirik pada kedua rodanya . Di sana akan terlihat bibir peleknya dicat sewarna dengan body-nya. Tapi ingat! Bibir pelek ini tidak diberi stiker melainkan di cat sehingga bisa dipastikan warnanya awet dan tak mudah mengelupas. Ajib…..!!!!! Secara keseluruhan secara jujur fensas katakan Desain dan Body Xeon RC Bikin Jatuh Hati.”
               
Dari beberapa kelebihan tentang XEON RC maka kesimpulannya adalah  YAMAHA  XEON RC MOTOR MATIC PALING KEREN, CEPAT, CANGGIH, DAN SEMAKIN TAK TERTANDINGI. 


                                Yamaha Mio J dan Xeon RC adalah dua motor fuel injection yang tebukti tangguh dan paling hemat bbm sehingga mengantarkan Yamaha sebagai Motor Paling Irit saat ini. Selain dua motor tersebut sebenarnya masih banyak lagi jajaran motor irit dengan teknologi fuel injection yang diproduksi Yamaha. Berikut fensas tampilkan beberapa motor fuel injeksi paling irit yang menjadi kebanggan Yamaha:
1.       Yamaha New Vixion
Yamaha Vixion merupakan motor sport terlaris di Indonesia. Di tahun 2013 ini Yamaha mengeluarkan varian terbaru dari motor sport paling fenomenal  yaitu Yamaha New Vixion. Untuk mengetahui  lebih jauh tentang Motor Sport Paling Cool dan Sportacular ini silahkan klik di sini.
Yamaha New Vixion

2.       Yamaha Mio GT
Mio GT adalah motor fuel injection terbaru yang masuk ke dalam jajaran motor matic Yamaha.  Motor ini merupakan motor pertama Yamaha yang mayoritas desainnya dikerjakan oleh insinyur Yamaha Indonesia. Untuk mengetahui lebih jauh tentang Mio GT silahkan klik di sini.
MIO GT
 3.       Yamaha Soul GT
Soul GT adalah motor matic keren, lincah,dan irit serta mengusung body yang berkesan macho. Maka sangat tepat rasanya jika Soul GT adalah motor matic yang diperuntukkan khusus bagi laki-laki.   Untuk tahu lebih lanjut tentang motor matic paling gagah ”SOUL GT” silahkan klik disini.

SOUL GT STREET

4.       Jupiter Z1
Mengusung nama besar Jupiter Z yang sudah lekat di hati masyarakat Indonesia Yamaha mengeluarkan varian baru New JupiterZ1. Pada New Jupiter Z1 Yamaha menyematkan mesin baru fuel injection dengan performa semakin dahsyat. Ingin tahu seperti apa New Jupiter Z1 ? Silahkan klik di sini.
Yamaha New Jupiter Z1
                            
 
Pada tahun 2013 ini terlihat semakin banyak anggota keluarga motor fuel injection Yamaha yang terkenal paling keren, cepat, dan canggih. Dengan demikian  secara lantang fensas serukan:


               
Semoga bermanfaat, salam fensas……..(^^,)..







*) Selain pengalaman pribadi beberapa tulisan di atas juga menggunakan referensi dari beberapa sumber terutama website resmi Yamaha Indonesia http://www.yamaha-motor.co.id

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 1:35 PM Kategori:

4 comments:

  1. Replies
    1. Banyak link krn dulu dipakai buat lomba Blog jadi "HARAP MAKLUM". Meskipun akhirnya gagal menjadi juara tapi ternyata tulisan ini menjadi salah satu yang terpopuler dan mendatangkan trafik tertinggi di fendysastra. Semoga pihak Yamaha melihat dan memberikan imbalan he...he..he...he...he...( Ngarep Mode On)

      Delete
  2. ISInya YAMAHA BANGET Mio J 115cc 1 ; 43 Dibilang IRIT? ooo TENTU TIDAK...(yang merek sebelah metik 125 dapet 1;53 http://tmcblog.com/2013/05/07/dibawa-stop-and-go-konsumsi-bbm-vario-125-iss-tembus-5375-kmliter-premium/ klo yang 110 1;59 http://tmcblog.com/2013/04/30/test-konsumsi-bbm-honda-scoopy-fi-5924-kmliter-premium/
    Smua motor klo di rawat Rajin ganti Olie ya pasti AWET..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini pengalaman pribadi dengan jujur dikondisi jalan penuh tanjakan, kalo teman saya yang tinggal di kota malah cerita kalo Mio J-nya pake premium bisa tembus 55 sampai 60 km perliternya (cara dan gaya berkendara juga berpengaruh lho). Bahkan di diblog-blog lain juga banyak yg mengatakan keiritan Mio J coba cek di sini http://www.ronywijaya.web.id/2012/05/yamaha-mio-j-irit.html.

      Wah kalo link yang Bro aancell kasih ini tampaknya juga HONDA BANGET ya. Tapi tidak apa2 semakin banyak motor irit dan berkualitas toh akhirnya konsumen yang diuntungkan. Jika Honda pengen dites oleh fensas boleh kok asal disubsidi motornya (dijamin masuk halaman pertama google). He...he...he....ngiklan n ngarep dot.com

      Oke terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Salam fensas (^^,)..

      Delete

 

viva

Adsensecamp

ppcindo