Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, April 30, 2013

2 Berita Keliru tentang Meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori


Berita meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori masih menjadi perbincangan publik Indonesia. Kabar meninggalnya ustaz yang akrab disapa Uje ini memang mengagetkan sehingga banyak orang yang berusaha mencari tahu kabar tentang meninggalnya "Sang Ustaz Gaul" ini.

Baik media cetak maupun elektronik beberapa hari ini memberitakan tentang Almarhum Uje yang meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal sepeda motor di wilayah Pondok Indah, Jakarta Selatan, Jumat, 26 April 2013 sekira pukul 01:00 WIB.


Sebuah berita yang baik tentu mengedepankan unsur faktual (kebenaran berdasarkan fakta-fakta)  tidak hanya sekedar mengejar unsur "terkini". Sebuah media yang menyampaikan berita kepada masyarakat tentu tidak hanya ingin sekedar cepat menyampaikan informasi namun juga menyajikan berita yang benar sehingga tidak membuat bingung masyarakat.

Kasus pemberitaan yang tidak benar ini pun terjadi ketika beberapa media gencar menampilkan informasi tentang meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori.

Dan berikut fensas rangkum 2 Berita Keliru tentang Meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori:

1. Ustaz Jefri Meninggalkan 3 Orang Anak

Dalam beberapa pemberitaan di media online ditemukan sebuah berita jika Ustaz Jefri meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak. Salah satu media tersebut adalah iberita. Iberita pada 28 April 2013 menyampaikan berita yang diberi judul "Mengenang Kembali Ustad Jefri Al Buchori Da’i Tenar Yang Penuh Inspirasi"


Dalam berita tersebut di salah satu bagian menyebutkan jika "Ustad Jefri Al Buchori wafat pada umur 40 tahun yang meninggalkan 3 orang anak. Uje mininggal dunia dikarenakan kecelakaan lalu lintas."

Berikut buktinya:


Dan berikut adalah bukti dalam halaman penuh:
iberita.com

 Kesalahan dalam berita di atas adalah ketika menyebutkan Uje meninggalkan 3 orang anak padahal berita yang benar seharusnya Uje meninggalkan 4 orang anak, yaitu: Adiba Khanza Az Zahra, Mohammad Abidzar, Bilal Al Ghifari, dan Ayla Azzuhro.

Kesalahan pemberitaan yang dilakukan oleh iberita di atas mungkin karena faktor kelalaian atau salah ketik saja terbukti ketika menulis kata "meninggal" juga salah ketik menjadi "mininggal".

Kita intip lagi buktinya:


Bukti lain jika iberita kemungkinan hanya salah ketik adalah karena pada berita yang lain iberita menyebutkan bahwa : "Uje meninggalkan seorang istri dan empat orang anak."

Berikut buktinya:
Dan bukti dalam halaman penuh:
iberita.com




2. Kesalahan Penulisan Ustadz, Ustad, atau Ustaz

Beberapa hari ini kita juga banyak sekali menemukan bentuk penulisan yang berbeda-beda antara ustadz, ustad, dan ustaz. Tentu ini juga menimbulkan beberapa pertanyaan penulisan yang benar seperti apa. Untuk penulisan yang benar tentang tiga kata tersebut fensas telah membahasanya dalam artikel Penulisan yang Benar Ustadz, Ustad, atau Ustaz ?

Jika Anda penasaran penulisan yang benar silahkan klik di sini!


Demikianlah 2 berita keliru tentang meninggalnya Ustaz Jefri Al Buchori. Selamat jalan Uje semoga amal ibadahmu diterima Alloh SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan. Amin



ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 8:58 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo