Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Wednesday, January 23, 2013

Nilai-Nilai dalam Cerpen

Guru Potensial di SMA N 1 Girimarto



Standar Kompetensi: Memahami pembacaan cerpen
Kompetensi Dasar: Menemukan nilai-nilai dalam cerpen

Pada materi sebelumnya kita telah telah membahas tentang bagaimana cara mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar cerita pendek (cerpen).
Untuk materi berikut ini kita akan membahas tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerpen. Nilai dalam sebuah cerpen merupakan unsur pembangun yang berasal dari luar cerita.Karena unsur pembangun ceritanya berasal dari luar maka untuk mengetahui nilai-nilai dalam sebuah cerpen pembaca diwajibkan untuk memperkirakan sendiri nilai apa yang menonjol dari sebuah cerpen yang telah dibacanya.

Sebelum kita  bahas lebih lanjut mengenai nilai-nilai dalam cerpen alangkah baiknya jika kita tentukan dulu macam-macam nilai yang terkandung dalam cerita pendek. Nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pendek antara lain: nilai moral, nilai budaya, nilai psikologis, nilai religius, nilai patriotisme, nilai pendidikan, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu:


1. Nilai Moral
    Nilai moral berhubungan dengan tingkah laku, etika, sopan-santun, dan perbuatan baik serta buruk yang ditampilakan dalam cerita pendek.

2. Nilai Religius
    Nilai religius atau nilai agama berhubungan dengan ritual-ritual keagamaan, hubungan manusia dengan Sang Pencipta, bahkan nilai agama ini sering kita jumpai dalam sebuah cerita dari ucapan-ucapan tokoh yang mengandung nuansa religius.

3. Nilai Psikologis
    Nilai psikologis dalam cerpen banyak dijumpai dari tingkah laku tokoh yang menampilkan sikap-sikap antisosial, depresi, halusinasi, keterbelakangan mental, gangguan kejiwaan, delusi, emosi yang berlebih, dan lain-lain.

4. Nilai Budaya
    Nilai budaya biasanya berhubungan dengan ritual adat, bahasa daerah, tradisi yang kental, serta kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang lain.

5. Nilai Pendidikan
   Nilai pendidikan berhubungan dengan ajaran-ajaran yang positif yang dapat kita pelajari dan kita teladani dari sebuah cerita.

6. Nilai Kemanusiaan
    Nilai kemanusiaan berhubungan dengan tolong menolong, perasaan simpati dan empati, gotong royong
dan lain-lain.
7. Nilai Patriotisme
     Nilai patriotisme berhubungan dengan semangat yang membara, cinta tanah air, perjuangan hidup, rela berkorban, dan lain-lain.

Untuk memahami nilai dalam cerpen kita harus membaca cerpen tersebut dengan saksama dan mencari unsur apa yang paling menonjol dalam sebuah cerita. Misalanya dalam salah satu kutipan cerpen banyak ditampilkan kebiasaan-kebiasaan masyrakat dan ritual adat maka unsur ekstrinsik yang menonjol dalam cerpen tersebut adalah nilai budaya, jika dalam cerpen banyak diceritakan tingkah polah tokoh-tokohnya maka kemungkinan cerpen tersebut mengandung nilai moral. Namun yang perlu diingat adalah dalam sebuah cerpen biasanya seorang cerpenis menampilkan banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, selain itu antara nilai yang satu dengan nilai yang lain kadang-kadang saling berkaitan.

Salam fensas......!!!!!

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 9:04 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo