Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, May 28, 2012

Ayo Tonton Ramai-ramai Transit Venus yang Langka


fendysastra.blogspot.com Jangan sampai melewatkan Transit Venus, fenomena astronomi yang sangat langka, bahkan mungkin sekali seumur, pada Rabu (6/6/2012) mendatang.

Transit Venus adalah peristiwa yang terjadi saat Planet Venus melintas di antara Bumi dan Matahari. Planet Venus akan tampak sebagai titik kecil yang bergerak di Matahari.



Fenomena ini bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Namun, tentu saja minimal menggunakan kacamata khusus dengan lapisan film perisai cahaya. Penampakannya pun akan sangat kecil.

Akan lebih jelas jika dilihat dengan teleskop. Kalaupun tak punya teleskop atau tak sempat menyiapkan alat bantu agar aman melihat Transit Venus, Planetarium di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, mungkin bisa menjadi pilihan.

"Tanggal 6 Juni nanti, HAAJ telah menyiapkan teleskop berbagai ukuran dan filter matahari untuk melihat bersama-sama," kata Muhammad Rayhan, Ketua Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), dalam talkshow "Transit of Venus at Kompas.com (Trovak)" yang digelar di @america Jakarta, Senin (28/5/2012).

Ia menjelaskan, Transit Venus akan berlangsung pada Rabu (6/6/2012) mulai pukul 05.10 WIB. Namun, karena saat proses awal Matahari belum tenggelam, fenomena ini belum dapat disaksikan. Begitu Matahari terbit, Transit Venus sudah bisa langsung disaksikan sampai selesai hingga sekitar pukul 11.00 WIB.

Pemantauan Transit Venus kali ini bakal dilakukan komunitas astronomi di seluruh dunia. Transit Venus berikutnya baru akan terjadi lagi pada tahun 2117.



Sumber: kompas.com

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 9:40 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo