Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Friday, April 27, 2012

Six Weeks to OMG, Cara Diet Kontroversial a la Seleb Hollywood

kompasiana.com

fendysastra.blogspot.com Orang tahu bahwa sarapan dapat mencegah ngemil dan membantu menurunkan berat badan. Jus dan sayuran juga menu wajib bagi orang yang berdiet. Namun, seorang pakar diet Hollywood justru menyarankan untuk melanggarnya.

Buku elektronik 'Six Weeks to OMG' dengan cepat menjadi salah satu buku diet terlaris di pasaran, mengalahkan buku-buku tentang diet Dukan dan Atkins. Buku ini berisi rangkuman rencana diet yang dibuat untuk para selebriti Hollywood.

Penulisnya adalah Venice A. Fulton, sport scientist yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Venice mengklaim bahwa panduan diet ini disusun berdasarkan ilmu gizi, biokimia, genetika, dan psikologi.

Meski demikain, beberapa tips di buku ini terbilang aneh karena mendobrak metode konvensional. “Sarapan kaya energi yang terdiri dari roti, yogurt, dan buah sebenarnya dapat memblokir pembakaran lemak sepanjang hari,” kata Venice, mengutip hasil riset yang dimuat di British Journal of Nutrition pada tahun 2000.

Ia menyarankan bersantap pada pukul 10 pagi agar metabolisme terjaga. “Dengan begitu, kita memberi kesempatan pada tubuh untuk hidup dari cadangan lemak,” jelas Venice kepada Daily Mail.

Menurut Venice, jus buah dan smoothies dapat merangsang makan berlebihan. Bahkan, di buku ini tertulis bahwa brokoli mengandung karbohidrat yang jauh lebih tinggi dibanding Coca-Cola. Venice juga mengatakan bahwa kebiasaan makan lebih dari 3 kali sehari dalam porsi kecil dapat merusak diet. Ia mengusulkan agar makan 3 kali sehari saja.

Untuk mengatasi selulit, Venice menganjurkan berendam dengan air dingin di pagi hari. Menurut pria ini, jika tubuh terkena suhu dingin, tubuh akan menggunakan cadangan lemak untuk menjaganya tetap hangat.

“Riset di Journal of Applied Physiology tahun 2002 menyebutkan bahwa paparan air dingin dapat meningkatkan pembakaran lemak hingga 376%,” ucap Venice seperti dikutip dari Metro.co.uk. Agar khasiatnya lebih terasa, Venice merekomendasikan minum kopi setelah mandi.

Dalam bukunya, Venice menjanjikan lemak tubuh bisa turun lebih dari 9 kg dalam 6 minggu. Tak hanya itu, dengan mengikuti saran pria ini, konon selulit bisa berkurang, perut jadi rata, rambut, kulit, dan kuku pun terlihat cantik. Buku ini membantu pembaca agar lebih percaya diri, kata Venice.

Menanggapi kontroversi terhadap metode dietnya, Venice berpendapat bahwa sebagian besar orang memang takut akan hal-hal yang tak biasa. “Kita mendengar aturan diet yang sama dari tahun ke tahun sampai mendarah daging dalam budaya. Karena itulah kita jadi tidak mau mendengarkan hal-hal baru,” ujar Venice.

“Hanya segelintir orang yang berani menentang dan mencoba sesuatu yang baru. Dari merekalah kita tahu tentang kebenaran yang membuat hidup kita lebih baik,” tambah Venice.


Sumber: detikfood

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 8:29 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo