Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, April 9, 2012

Bayi Ajaib, Bisa Latihan Toilet Sejak Usia 6 Bulan

Izabella Oniciuc (dok: The Sun)
www.fendysastra.blogspot.com Jakarta, Anak biasanya baru diajarkan mengenai buang air di toilet (potty training) saat berusia 1,5-2 tahun. Tapi bayi ini dikenal sebagai bayi ajaib karena bisa melakukan potty training saat masih berusia 6 bulan.

Izabella Oniciuc telah membuat kagum orangtuanya karena memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk potty training. Ia akan mengeluarkan suara 'boo boo' pada orangtuanya jika ia perlu ke toilet.

"Itu hanya salah satu suara yang diucapkannya untuk menjelaskan apa yang dia inginkan," ujar sang ibu, Raluca (26 tahun) dari Chesnut, Herts, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (7/4/2012).

Lebih lanjut Raluca menuturkan saat lahir Izabella membuat suara klik untuk minum susu, lalu beberapa hari kemudian ia mengeluarkan suara 'eh eh' yang berarti ia lapar. Kini ia memanggil 'ah' untuk ibu dan 'ger' untuk ayah.

Dalam hal ini Izabella memiliki beberapa komponen utama dari potty training yaitu waktu dan komunikasi. Ia bisa berkomunikasi ketika kandung kemih dan ususnya terasa penuh yang membuatnya harus ke kamar mandi.

Hal ini sangat mengejutkan di usianya, karena bayi biasanya memiliki beberapa kata atau mengeluarkan suara yang berarti ketika ia berusia 1 tahun. Jadi yang dilakukan Izabella adalah kemajuan besar dan membuat awal yang fantastis.

Sebagian besar anak mulai menunjukkan tanda-tanda kesiapan untuk potty training saat berusia 18 bulan sampai 24 bulan, meskipun ada beberapa anak yang siap sebelum atau melebihi usia tersebut. Terkadang anak laki-laki membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar dibandingkan anak perempuan.

Mengajarkan anak untuk buang air di kamar mandi bukanlah pekerjaan yang mudah. Proses ini kadang menghabiskan waktu 3 sampai 6 bulan, tapi adajuga yang kurang atau melebihi waktu tersebut. Biasanya para ibu mulai mengajari anak untuk buang air di kamar mandi pada siang hari, tapi saat malam anak masih menggunakan diapers.

Jika anak sudah memasuki usia 3 tahun atau lebih tapi belum menunjukan tanda-tanda, sebaiknya sudah mulai diajarkan bagaimana buang air di kamar mandi. Serta dibutuhkan kesabaran bagi orangtua dalam mengajarkan anaknya, karena kadang anak masih suka lupa untuk bilang ke orangtuanya jika ingin buang air kecil.

Sumber: detikhealth

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 8:53 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo