Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, March 8, 2012

Inilah Cara Cegah Kentut di Saat-saat Penting

Pasti malu dong jika di saat-saat penting tiba-tiba kita buang gas alias kentut. Tapi tenang aja ada cara cegah kentut di saat-saat penting.

kentut: ilustrasi My Health News Daily
fendysastra.blogspot.com  Gas di dalam perut sering bikin malu saat sedang berada di tengah banyak orang. Momen penting seperti rapat dan jamuan bisa kacau kalau Anda tidak bisa menahan buang gas. Sebenarnya, kentut bisa dicegah dengan pola makan yang benar.

Salah satu penyebabnya adalah terlalu banyak minum. Tubuh bergantung pada asam dalam lambung untuk mencerna makanan. Jika kebanyakan minum, air akan melemahkan asam tersebut, sehingga makanan tidak dapat dihancurkan secara sempurna. Akibatnya, perut menjadi kembung dan menyimpan banyak gas
Adakah cara untuk mencegah buang angin di saat-saat penting? My Health News Daily menyarankan beberapa hal berikut:


1. Makan pelan-pelan
Mengunyah perlahan punya banyak manfaat. Selain bikin lebih cepat kenyang, trik ini juga bisa mencegah tertelannya terlalu banyak udara saat makanan masuk ke lambung.
2. Hindari soda
Soda mengandung karbondioksida yang dapat menambah gas dalam saluran pencernaan. Jika akan menghadiri pertemuan penting, hindari minum minuman berkarbonasi.
3. Minum air putih sebelum makan
Untuk menghindari terlalu banyak minum, teguk sebotol air putih sejam sebelum makan. Hal ini berguna untuk menahan haus saat bersantap.
4. Minum sedikit-sedikit saat makan
Di sela-sela makan, boleh saja minum untuk membantu makanan turun ke perut. Namun, jangan tenggak banyak-banyak seperti orang kehausan. Hal ini dapat mengganggu kerja asam dalam perut dan membuat udara masuk terlalu banyak. Telan sedikit saja. Gunakan sedotan agar jumlahnya lebih terkontrol.
5. Konsumsi suplemen probiotik
Probiotik baik untuk pencernaan. Mikoorganisme ini membantu mengembalikan keseimbangan bakteri jahat dan bakteri baik dalam usus. Salah satu makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt.

Sumber: detikfood


ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 8:48 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo