Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, February 20, 2012

ANDA MERASA GEMUK? INI DIA CARA MUDAH AGAR LEMAK TAK MENUMPUK DI TUBUH

(Foto: thinkstock)

fendysastra. Kegemukan dan obesitas dapat meningkatkan berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Hanya dengan perubahan sederhana dalam rutinitas harian, akan dapat menjalankan metabolisme dengan baik, sehingga lemak tidak menumpuk. Kira-kira bagaimana cara untuk mengoptimalkan metabolisme agar lemak tidak menumpuk?

Berikut 9 cara untuk mengoptimalkan metabolisme agar lemak tidak menumpuk seperti dikutip dari Fitbie, Senin (20/2/2012) antara lain:

1. Makan telur untuk sarapan
Sebuah studi di Nutrition Research menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi telur saat sarapan, memiliki total kalori sehari lebih sedikit.

2. Banyak berdiri
Memperbanyak berdiri dalam aktivitas sehari-hari, seperti berdiri setiap kali membaca atau mengambil panggilan telepon di tempat kerja dapat mengoptimalkan metabolisme. Berdiri 1 1/2 kali lebih banyak membakar kalori daripada duduk.

3. Jangan makan di depan TV
Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Massachusetts, orang yang makan di depan TV kebanyakan mengambil 300 kalori lebih banyak.

4. Menimbang badan seminggu sekali
Menimbang badan seminggu sekali merupakan upaya mengontrol berat badan. Berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam American College of Sports Medicine Health & Fitness Journal, para pelaku diet dapat sukses karena menimbang badan seminggu sekali.

5. Mengonsumsi satu buah apel
Sebaiknya saat makan siang, mengonsumsi satu buah apel, tetapi bukan jus apel. Mengunyah pemicu rasa kenyang, sehingga mungkin akan mengkonsumsi kalori hampir 15 persen lebih sedikit. Hal tersebut berdasarkan catatan yang diambil dari journal Appetite.

6. Memperbanyak konsumsi protein dan mengurangi karbohidrat
"Mengkonsumsi 55 gram whey protein sehari selama 23 minggu dapat mengurangi 4 kg berat badan daripada jika mendapatkan kalori dari karbohidrat," kata para ilmuwan USDA.

7. Mengerjakan pekerjaan rumah sendiri
"Orang yang tinggal tanpa pembantu atau sering mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, seperti membersihkan rumah, tentunya memiliki aktivitas fisik yang lebih tinggi," kata peneliti dari Indiana University.

8. Tambahkan buncis untuk sup
Aduk setengah cangkir buncis ke dalam panci sup, hal ini merupakan taktik untuk melawan timbunan lemak 6 gram lebih banyak.

9. Minum susu skim
"Dengan meminum 2 1/2 cangkir susu skim saat siang hari setara dengan jus rendah kalori dan dapat menurunkan konsumsi kalori sebesar 8,5 persen," kata peneliti dari Australia.

Sumber: detikhealth

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 11:05 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo