Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Thursday, November 3, 2011

Kata Pada


Artikel ini dimuat di Solopos dalam rubrik Bahasa Kita
KATA PADA DALAM KALIMAT
Oleh
AHMAD EFENDI, S. Pd.
Guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA Negeri 1 Girimarto


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata pada berarti kata depan yang dipakai untuk menunjukkan posisi di atas atau di dalam hubungan dengan, searti dengan di-. Contoh: (1) Letakkan buku itu pada tempatnya. (2) Pada hari ini saya bersumpah. Dalam contoh (1) dan (2) kata pada mempunyai kedudukan yang sama seperti kata depan (preposisi) di-.
Kata pada dalam sebuah kalimat juga digunakan di depan kata ganti orang, contoh (1) Padanya aku mengabdikan diri. (2) Semua ini terserah padamu. Dalam contoh (1) kata pada digunakan di depan kata ganti orang ketiga tunggal (nya), sedangkan contoh (2) kata pada digunakan di depan kata ganti orang kedua tunggal (mu). 

 
Dalam percakapan sehari-hari sering dijumpai pemakaian kata pada seperti contoh berikut: (1) Semua orang pada berkumpul di lapangan (2) Murid-murid pada menangis mendengar pengumuman hasil kelulusan. Kata pada dalam  kedua contoh tersebut mempunyai arti sama-sama (untuk menyatakan bahwa yang melakukan banyak). Penggunaan kata pada dalam contoh  kalimat (1) dan (2) tidak wajib kehadirannya, karena jika kata pada tersebut dilesapkan (dihilangkan) tidak akan mengubah makna dalam kalimat. (1.a) Semua orang berkumpul di lapangan. (2.a) Murid-murid menangis mendengar pengumuman hasil kelulusan. Kedua contoh kalimat tersebut (1.a) dan (2.a), setelah kata pada dilesapkan, maknanya masih sama (menyatakan bahwa yang melakukan adalah banyak). Kalimat (1.a) dan (2.a) merupakan contoh kalimat efektif, yaitu kalimat yang singkat, padat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat.  Salah satu ciri-ciri kalimat efektif adalah menghilangkan kata-kata yang tidak perlu atau berlebih.

ads

Ditulis Oleh : fendysastra Hari: 10:46 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Adsensecamp

ppcindo