Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, March 6, 2012

RUMUS CINTA SEGI TIGA

Rumus Cinta Segi Tiga digunakan untuk memudahkan mencari sudut pandang (point of view) dalam unsur intrinsik sebuah cerita (cerpen, novelet, maupun novel).

Rumus Cinta Segi Tiga
fendysastra.blogspot.com Dalam menganalisis unsur intrinsik sebuah karya sastra, khususnya cerpen (cerita pendek), novelet (novel kecil), ataupun novel (cerita panjang) pasti tidak akan lepas dari unsur pembangun dari dalam cerita yaitu sudut pandang (point of view).

Sudut pandang (point of view) adalah cara atau  kedudukan seorang pengarang di dalam sebuah cerita. Kedudukan pengarang di dalam sebuah cerita bisa menjadi pelaku utama ataupun sebagai pengamat yang berarti pengarang tidak masuk ke dalam sebuah cerita.

Dari penjelasan singkat tersebut, maka dapat diklasifikasikan bahwa sudut pandang atau point of view dalam sebuah cerita terdiri dari 2 macam, yaitu;
1. Sudut Pandang Orang Pertama
    Sudut pandang orang pertama berarti pengarang berada di dalam sebuah cerita, yang biasanya ditandai     dengan penggunaan kata ganti orang pertama (saya, aku, dan gue "bahasa gaul"). Jika pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama, ini berarti pengarang juga bertindak sebagai pelaku utama atau tokoh utama. Namun adakalanya sudut pandang orang pertama juga berarti pengarang hanya bertindak sebagai pelaku sampingan atau tambahan dan membiarkan tokoh lain menjadi pelaku utama.


 2. Sudut Pandang Orang Ketiga
 Jika seorang pengarang menggunakan sudut pandang orang ketiga, berarti si pengarang tidak ikut dalam sebuah cerita dan hanya berdiri di luar cerita. Jika sebuah cerita diibaratkan sebuah taman bunga, maka sudut pandang orang ketiga berarti pengarang berdiri di luar pagar "taman bunga" dan hanya bertindak sebagai pengamat saja. Ciri-ciri sudut pandang orang ke tiga adalah penggunaan kata ganti orang ketiga dalam sebuah cerita misalnya: dia, ia, atau nama tokoh disebutkan langsung.
Sudut pandang orang ketiga dibedakan menjadi 2, yaitu sudut pandang orang ketiga serba tahu dan sudut pandang orang ketiga terbatas.

Dalam praktik di lapangan ketika guru menjelaskan tentang sudut pandang (point of view) ternyata beberapa murid masih kebingungan dalam membedakan antara sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. 
Karena alasan tersebut maka fensas (fendysastra) mencoba menggunakan rumus sederhana, yaitu RUMUS CINTA SEGITIGA

Nah pasti penasaran apa itu  RUMUS CINTA SEGITIGA ? dan apa hubungannya dengan sudut pandang (point of view)? Berikut penjelasannya:

Dalam cinta segita tiga pasti terjadi antara aku, kau, dan dia. Dan jika digambarkan kira-kira seperti ini:

Dari gambar di atas dapat dilihat 1. Aku, 2. Kau, dan 3.Dia.
Nah setelah melihat gambar tersebut, maka dengan mudah kita dapat menentukan bahwa yang dimaksud dengan sudut pandang orang pertama berarti menggunakan nomor 1. (ciri-cirinya menggunakan 1. Aku (saya, gue, aye, gua) dan sudut pandang orang ketiga berarti menggunakan nomor 3 (ciri-cirinya menggunakan 3. Dia (ia, atau nama tokoh disebutkan langsung).


Nah itu hanya rumus sederhana yang bisa Anda terapkan jika memang berkenan. Namun  penerapan sebuah teknik atau metode pembelajaran juga harus ditunjang dengan kemampuan Anda dalam menyampaikan metode tersebut secara menarik dan tidak membosankan. Tentunya segala sesuatunya kembali lagi kepada Anda.

Dan rumus cinta segita tiga ini hanyalah metode sederhana dan banyak sekali kelemahannya. Sumbang saran dan kritikan yang membangun kami tunggu dengan kerelaan Anda memberi komnetar pada pstingan kami ini. Dan jika Anda menyukai artikel ini Anda bisa men-share baik lewat fb, tweeter, lintasme, dan social bookmark yang lain. Terima kasih salam  fensas (fendysastra) (^^,)..

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 11:32 AM Kategori:

2 comments:

  1. Perhitungan "RUMUS CINTA"
    Benci x Benci =Suka
    Suka + Suka = Cinta
    Cinta - Suka = Pudar
    Cinta : 2= Selingkuh
    2 X Selingkuh= Ktauan
    2 X Ktauan = BUBAR!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya pengalaman pribadi ya Pak...hahahahahaha.....

      Delete

 

viva

Adsensecamp

ppcindo