Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Saturday, December 31, 2011

AWAS TSUNAMI AIR AKI MENGANCAM SALAH SATU DESA DI BANYUWANGI

Ilustarsi: news.nationalgeographic

Jakarta - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, Surono memperingatkan warga sekitar kawah ijen agar waspada terhadap potensi meletusnya kawah tersebut. Jutaan kubik magma dan air asam yang ada di kawah tersebut, mampu menjadi 'Tsunami Air Aki'.

"Ya, paling kami takutkan itu, 'Tsunami Air Aki' air yang ada di kawah tersebut jumlahnya banyak sekali. Bayangkan tsunami air biasa saja dahsyatnya luar biasa, apalagi ini air asam, terkena manusia saja sangat berbahaya," kata Surono, kepada detikcom, Jumat (30/12/11).

Terlebih lagi aktivitas Gunung Ijen yang terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Banyuwangi, saat ini terus meningkat. Saat ini, statusnya saja ada di dalam level III.
"Satu strip lagi, statusnya awas, kalau sudah masuk level tersebut, warga harus mengungsi terutama di daerah sepanjang aliran sungai Banyupahit, karena diprediksi luapan 'air aki' kawah Ijen akan mengalir ke sana, dan karena 'air aki' tersebut berbahaya maka kita harus evakuasi warga di wilayah tersebut," ungkapnya.


Meningkatnya aktivitas kawah ini dapat dilihat dari warna airnya yang dulu kehijau-hijauan, saat ini sudah berwarna putih susu.

"Itu menandakan sedang ada aktivitas vulkanik di dalam gunung tersebut. Kapan meletus dan seberapa besar kekuatannya, tidak ada yang tahu," ujarnya.

Bahkan menurut relasinya seorang pakar gunur berapi dari Amerika, bilang kepadanya tidak ada yang dapat memprediksi kapan meletus atau seberapa besar kekuatan dari gunung berapi.

"Bahkan gunung api yang meletus di Jawa Tengah lalu, tidak pernah diperkirakan dampak kekuatannya sebesar itu," jelas Surono yang biasa disapa Mbah Rono.
Sebagai gambaran betapa bahayanya gunung setinggi 2.386 tersebut, Surono menggambarkan, jika ada yang berani meminum air dari sungai Banyupahit dan banyu putih, gigi dan tulang manusia akan keropos karena kadar PH nya sangat rendah dan floride sangat tinggi.

"Celakanya air sungat tersebut telah mengkontaminasi sumur-sumur warga, makanya tidak heran, warga di sana usai 25 tahun saja, gigi mereka sudah habis alias ompong," tutur Surono.


Sumber: detiknews

ads

Ditulis Oleh : Ahmad Efendi Hari: 11:48 AM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

viva

Adsensecamp

ppcindo