Motor paling irit?
Kalimat ini tentu pernah jadi perdebatan sobat
fensas (sebutan untuk pembaca fendysastra). Pengalaman perdebatan tentang
motor paling irit juga pernah fensas
alami beberapa waktu yang lalu. Hingga akhirnya fensas pun menemukan
jawabannya.
Berawal dari iklan
Yamaha Mio J yang mengusung kalimat “Semakin Cepat Semakin Irit…It’s Magic” membuat fensas penasaran dengan teknologi
motor matic Yamaha terbaru yang katanya lebih irit 30% itu.
Setelah Yamaha
mengeluarkan varian baru Mio J Teen dengan nuansa 3 warna dalam satu motor rasa
penasaran fensas berubah menjadi keinginan yang luar biasa untuk membawa motor keren ini ke rumah. Wah kali ini fensas benar-benar terhipnotis oleh kata-kata
sihir “Aitakatta” dari JKT48 di iklan
Yamaha Mio J Teen”
“Its Magic….!” Seperti kalimat yang selalu muncul di iklan Mio J benar-benar
merupakan “majic” yang luar biasa. Apalagi
muncul jurus pamungkas Yamaha dengan jargon baru “1000% Joyfull” berhasil menuntun fensas ke salah datu dealer resmiYamaha di daerah Wonogiri.
Sebenarnya ada beberapa
alasan kenapa fensas akhirnya memutuskan untuk membeli motor matic keluaran Yamaha.
Berbekal dari pengalaman fensas yang sebelumnya merupakan pemakai setia Yamaha
Jupiter Z, tentu fensas tahu bagaimana kehebatan teknologi motor Yamaha.
Berikut beberapa kelebihan motor Yamaha berdasarkan pengalaman fensas dengan
Jupiter Z sejak 2005 silam:
1.
Dari segi penampilan, dari dulu memang Yamaha terkenal dengan desain motornya yang ciamik. Lihat saja di awal tahun 2000-an
Yamaha sudah mengeluarkan Jupiter Z
dengan desain yang futuristis. Desain Jupiter Z ini masih dipakai sampai
sekarang dengan sedikit perubahan dan penyempurnaan. Yang lebih membanggakan adalah
desain itu masih digemari sampai sekarang. Bahkan motor kompetitor tak
segan-segan mencontek desain keren Yamaha Jupiter Z ini. Wah…wah..wah….(sambil geleng-geleng).
2.
Kualitas Yamaha tentu tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari ketangguhan dan keawetan mesin dan tentu saja kualitas rangka
serta awetnya striping dan cat
motornya. Berdasarkan pengalaman fensas dengan Jupiter Z dari tahun 2005 sampai
2012 (kira-kira 7 tahun) motor tersebut tidak pernah rewel apalagi macet, yang penting service dan ganti olinya rutin
dan diutamakan di bengkel resmi Yamaha seperti yang fensas lakukan. Untuk cat
motor yang menempel di body Si Jupiter Z juga terbilang awet, meskipun
menginjak usia ke 7 tapi masih mulus dan kinclong. Padahal dari awal beli, fensas
tidak pernah memakai pelindung body
alias skotlet atau cutting stiker dan sejenisnya. Menurut
fensas sayang sekali body motor sekeren itu harus ditutupi hanya karena alasan
biar awet atau takut catnya pudar. Mau
buktinya berikut foto Jupiter Z 2015 yang fensas miliki.
Si Kecil Bersama Yamaha Jupiter Z 2005 |
Nah itu tadi beberapa alasan kenapa
akhirnya fensas memutuskan untuk membeli Mio J. Namun yang paling membuat
fensas takjub pada Mio J adalah harganya yang murah dengan kualitas yang
disempurnakan (Hebat banget kan Yamaha????).
Bagaimana pengalaman fensas dengan
Mio J ? Berikut ceritanya:
Sejak awal fensas memang sudah membidik
Mio J Teen karena terpesona dengan striping
dan permainan tiga warna menarik yang dipancarkan dalam satu motor. Tentu saja ini juga membuktikan jika hanya Yamaha yang berani menampilkan sesuatu yang baru dengan mengutamakan kualitas, keindahan dan desain yang futuristis.
Ada lima varian warna Mio J Teen, yaitu
(1) hitam-putih-merah (2) hitam-hijau dan abu-abu muda, (3) putih-biru dan
abu-abu muda, (4) putih-hitam-dan abu-abu muda, serta (5) putih-merah dan abu-abu muda. Dari sekian banyak varian warna yang keren itu
akhirnya fensas menjatuhkan pilihan pada
Yamaha Mio J Teen warna Hitam, Putih, dan Abu-Abu Muda. Bahkan di bulan Maret
2013 ini Yamaha juga mengeluarkan Mio J Teen dengan New Striping dan warna-warni
baru yang GAUL ABIZZZ….!!!!
Mio J Teen dan Si Kecil |
MIO J TEEN New Striping |
Kembali ke pengalaman fensas memakai Mio J Teen, berikut fensas rangkumkan khusus untuk sobat fensas semua:
Hal pertama yang fensas rasakan ketika
memakai Mio J Teen adalah tarikannya kencang, nyaman dan stabil. Jika ada yang
mengatakan teknologi injeksi di motor matic tidak cocok untuk medan yang banyak
tanjakannya, maka itu tidak berlaku untuk Mio J. Buktinya fensas yang rumahnya
di daerah pegunungan (Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri) tetap merasakan
kenyamanan dan tidak pernah ada kendala apapun ketika memakai Matic Seksi ini.
Mungkin sobat fensas pernah mendengar
pengalaman beberapa orang yang memakai
motor injeksi kompetitor Yamaha sering brebet-brebet ditanjakan. Bagaimana dengan Mio J??? Ternyata Mio J
tetap kencang dan stabil di tanjakan. Apalagi di jalanan datar, tarikannya kenceng,
sieeeeng…….!!!!!! Mantap. Pokoknya
Mio J hebat di jalan datar dan handal di tanjakan. Ini membuktikan jika
teknologi fuel injection Yamaha memang handal. Motor injeksi Yamaha tak pernah mengalami brebet-brebet meskipun
menggunakan bahan bakar premium.
Kecanggihan mesin Mio J ditopang
teknologi yang diterapkan Yamaha yaitu menyatukan ketangguhan mesin Yamaha yang
terkenal paling juara dipadukan dengan Diasil Cylinder dan Forged Piston ditambah
lagi Teknologi Mutakhir Fuel Injection(YM Jet-FI). Maka tak heran jika pihak Yamaha berani mengklaim bahwa dengan
teknologi YM Jet-FI akan menghasilkan motor matic performa tinggi secepat jet dengan konsumsi BBM lebih irit 30% dan kelincahan seunik Mio.
Dahsyat……..!!!!!!!
Bagaimana dengan iritnya Mio J? Fensas
pun tertarik untuk menguji keiritan Mio J. Selama seminggu pertama mencoba Mio J, fensas sempat terkaget-kaget karena indikator jarum bensin belum juga turun
dari kondisi fuel padahal setiap hari fensas gunakan untuk mengajar di salah
satu SMA di wilayah kecamatan Girimarto. Belum lagi sore hari si Mio J ini juga
sering fensas ajak jalan-jalan supaya lebih kenal dengan jalanan kampung di
sekitar rumah yang didominasi dengan tanjakan dan turunan.
Akhirnya fensas coba-coba untuk mengukur seberapa irit Si Mio J dengan cara yang sederhana. Catatan keiritan ini fensas
mulai ketika mengisi premium secara penuh di SPBU. Pada waktu itu speedometer
menunjukkan angka 334 km. Supaya tidak lupa fensas catat kilometer 334 ini di
agenda ponsel. Nah beberapa hari kemudian ketika indikator jarum hampir
menyentuh huruf E fensas kemudian bergegas ke SPBU terdekat untuk pengisian
bensin. Kali ini fensas kembali mengisi bensin (premium) secara penuh dan
ternyata speedometer sudah menunjuk angka 478 km. Pada waktu itu untuk mengisi
bensin secara penuh fensas mengeluarkan uang Rp 15.000,- (lima belas ribu
rupiah). Sebenarnya hanya sekitar empat belas ribu enam ratus rupiah tetapi
oleh petugas SPBU dibulatkan menjadi lima belas ribu rupiah (“maklum”…pengalaman
ini tentu pernah sobat fensas alami).
Akhirnya proses penghitungan konsumsi BBM
dimulai. Proses awal yang fensas lakukan adalah menghitung jarak tempuh ketika
proses pengujian dimulai yaitu dengan patokan speedometer terakhir ketika isi
bensin secara penuh (478 km) dikurangi speedometer ketika pengisian bensin
pertama (334 km) dan hasilnya adalah 478-334=144. Jadi fensas mencatat dengan
uang lima belas ribu rupiah maka Mio J bisa menempuh jarak 144 km.
Supaya lebih jelas berapa konsumsi premium Mio J perliternya fensas pun menghitung lagi yaitu dengan cara
mengetahui jumlah liter yang digunakan yaitu 15.000 (total uang untuk mengisi
bensin secara penuh) dibagi harga premium perliternya (4.500) dan hasilnya
adalah 3,3 liter. Jadi dengan bensin 3,3 liter Mio J yang fensas pakai bisa
menempuh jarak 144 kilometer. Ini berarti 1 liter bensin bisa menempuh jarak 43,6
kilometer.
Kesimpulannya Mio J yang fensas pakai
untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak sekitar 44 km. Menurut fensas ini
sudah luar biasa irit mengingat kondisi jalan di daerah fensas yang didominasi
oleh tanjakan yang cukup curam. Itupun fensas hanya menggunakan bahan bakar
jenis premium bukan petramax. Maka tidak heran jika ada beberapa orang yang pernah bercerita
ketika memakai Mio J perliternya mampu menempuh jarak 54,6 km, 61,5 km, bahkan
sampai 70 km (wah semakin gila-gilaan iritnya…MANTAP….!!!). Hal tersebut bisa
dipahami karena beberapa faktor antara lain jenis bahan bakar yang digunakan, kondisi
jalan bebas tanjakan, bebas macet, beban pengendara atau faktor gaya mengendara
yang berbeda-beda dengan standar kecepatan yang berbeda-beda pula . Dan
pengalaman-pengalaman hebat tersebut bisa sobat baca di sini, di sini, atau di sini.
Merasa puas dengan performa dan keiritanMio J Teen fensas pun kembali dikejutkan dengan body yang menempel pada tubuh
Si Hitam-Putih dan Abu-abu ini. Ternyata body pada Mio J Teen ini ditutup
dengan casing yang berkualitas dan menawan
karena jika dilihat dari dekat warna hitam dan putihnya berkilauan dengan
nuansa bling-bling yang super mulus.
Maka tidak heran jika pada tahun 2012 Mio J Teen dinobatkan sebagai motor terlaris Yamaha.
Yang lebih hebat lagi adalah ketika
mencuci motor kesayangan fensas ini. Pada bagian body motor cukup disiram
dengan air bersih dan diusap lembut dengan tangan maka debu dan kotoran yang
menempel langsung hilang. Namun untuk hasil yang maksimal sobat fensas bisa
menggunakan shampoo khusus untuk motor atau shampoo rambut biasa seperti yang
selalu fensas lakukan. Meskipun hanya menggunakan shampoo rambut namun jika
cara mencucinya benar maka hasilnya pun memuaskan, dijamin kinclong dan cat motor tetap awet. Ingat…! Perawatan yang baik akan
berpengaruh pada penampilan motor, masa pakai yang lebih lama, dan performa
yang optimal.
Selain terkenal karena keiritannya,
perawatan mesin dan sparepart Mio J juga
telah dipersiapkan secara matang oleh pihak Yamaha. Persiapan awal dari pihak
Yamaha adalah membuka bengkel dan dealer resmi hampir di seluruh wilayah tanah air. Bahkan yang
membanggakan Yamaha adalah satu-satunya dealer motor dan bengkel resmi yang ada di Kecamatan Girimarto kabupaten Wonogiri.
Cara lain yang digunakan Yamaha untuk
memanjakan konsumennya adalah menjamin garansi mesin selama 3 tahun penuh atau
36.000 km pertama. Untuk Diasil Cylinder dan Forged Piston juga mendapatkan
garansi yang lebih panjang yaitu selama 5 tahun atau 50.000 km pertama. Tidak
hanya itu Yamaha juga memberikan garansi untuk kelistrikan tertentu selama 2 tahun atau 24.000 km (tergantung
mana yang dicapai lebih dulu). Maka sangat tepat jika fensas menyebut Mio J adalah
motor yang awet, perawatannya mudah dan tentu saja murah.
Yamaha Mio J Teen |
Dari beberapa
kisah yang fensas sampaikan di atas maka dapat disimpulkan bahwa Mio J adalah
motor fuel injeksi dari Yamaha dengan teknologi yang canggih semakin cepat namun semakin irit. Semakin hebat, semakin awet. Semakin mudah perawatannya dan
semakin murah. Benar-benar “Its Magic….1000% Joyfull”.
XEON RC SI
PENGGODA HATI
Yamaha XEON RC |
Sukses dengan Mio J kini Yamaha kembali
mengeluarkan varian baru dijajaran motor maticnya. Masih mengusung teknologi canggih terbaru YMJet FI Fuel Injection, Yamaha melahirkan Motor Matic Injeksi Berkelas dan Berkualitas dengan nama Xeon RC. Berbeda dengan Mio J yang menggunakan mesin 113 cc pada
Xeon RC ini pihak Yamaha telah membenamkan mesin dengan kapasitas 125 cc.
Beberapa fitur baru telah disematkan pada
Xeon RC, antara lain Smart Lock System dan SmartStand Swich. Dengan fitur Smart Stand Swich maka akan senantiasa mengingatkan jika standar samping belum dilipat
mesin tidak akan pernah bisa dihidupkan. Tidak hanya itu dengan fitur Smart Stand Swich ketika standar samping
belum dilipat maka bukan Cuma mesin mati, tetapi juga ada lampu indikator yang
berkedip memberitahukan jika posisi standar samping belum terbuka. Sedangkan
fitur Smart Lock System atau kunci
parkirnya sangat mudah digunakan, tinggal tarik rem belakang lalu tekan ke
bawah tuas Smart Lock System-nya.
Sama dengan Xeon terdahulu pada varian
terbaru Xeon RC ini Yamaha masih menyematkan kunci kontak bermagnet dan bagasi
luas yang bisa memuat helm. Tapi perlu digaris bawahai bahwa Yamaha sudah
menyematkan kunci kontak bermagnet di semua motor maticnya. Jadi dengan kunci
kontak bermagnet ini semua pengguna motor matic Yamaha akan lebih merasa aman
dan nyaman.
Seperti yang fensas sampaikan sebelumnya
jika teknologi mesin yang diterapkan pada Xeon RC ini sama dengan teknologi
yang diterapkan pada Mio J, yaitu Teknologi Mutakhir Fuel Injection (YM Jet-FI).
Pihak Yamaha sendiri telah menjelaskan tentang kehebatan teknologi fuelinjection keluaran Yamaha dengan YM Jet FI-nya. Sistem injeksi pada motorYamaha memiliki dua katup kupu-kupu di throttle
body-nya. Ketika putaran rendah hanya satu katup yang terbuka, diputaran
tengah ke atas keduanya akan terbuka dan mensuplai udara lebih banyak.
Pada aplikasi injeksi YM Jet-FI juga
disematkan beberapa penyempurnaan pada mesin, seperti penggunaan roller rocker
arm dan sistem kelistrikan tipe Ac/Dc Open Circuit, sehingga tenaganya pun
meningkat sekitar 8% (delapan persen).
Dengan teknologi terbaru dan kapasitas mesin 125 cc XEON RC diyakini mampu menghasilkan tenaga di 8,4 Kw atau
sekitar 11,4 PS pada 9.000 rpm. Kecepatan
yang meningkat bukan berarti motor menjadi boros. Pihak Yamaha sendiri berani
menjamin jika XEON RC juga lebih irit 20% jika dibandingkan pendahulunya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa XEON RC SEMAKIN CEPAT SEMAKIN IRIT.
Desain dan Body XeonRC Bikin Jatuh Hati
Desain dan
body yang tampak ketika pertama kali melihat Xeon RC adalah sporty dan agresif. Label RC-nya
mempertegas jika Yamaha ingin menunjukkan bahwa Xeon RC adalah motor matic racing berteknologi balap. Maka tidak heran
jika Yamaha menggandeng pembalap dunia untuk memperkenalkan matic terbarunya
ini. Merupakan pilihan yang tepat ketika Jorge Lorenzo (Juara Moto GP 2012)
didapuk sebagai bintang iklan Xeon RC dengan mengusung kalimat KEREN, CEPAT, CANGGIH, SEMAKIN TAKTERTANDINGI…NEW XEON RC, EVERYTHING I NEED.
XEON RC Victorius Red |
Tampang
ciamik Xeon RC tak bisa diragukan lagi. Untuk memanjakan calon pengguna
setianya Yamaha telah menyiapkan warna-warna ngejrenk namun tetap sporty. Lima warna Xeon RC mempunyai nama-nama
yang cukup keren, antara lain: (1) Victorius Red, yaitu perpaduan warna merah dan putih, (2) Regal Purple:
perpaduan ungu dan putih, (3) Dazzling Black: perpaduan hitam dan kuning, (4)
Cosmic White: perpaduan antara putih dan oranye, serta (5)Thunder Bolt Blue,
yaitu perpaduan antara warna putih dan biru.
Warna-warna yang diterapkan pada
Xeon RC memang sangat menarik terlebih lagi jika sobat fensas melirik pada kedua
rodanya . Di sana akan terlihat bibir peleknya dicat sewarna dengan body-nya.
Tapi ingat! Bibir pelek ini tidak diberi stiker melainkan di cat sehingga bisa
dipastikan warnanya awet dan tak mudah mengelupas. Ajib…..!!!!! Secara keseluruhan secara jujur fensas katakan “Desain dan Body Xeon RC Bikin Jatuh Hati.”
Dari beberapa kelebihan tentang XEON RC
maka kesimpulannya adalah YAMAHA XEON RC MOTOR MATIC PALING KEREN, CEPAT, CANGGIH, DAN SEMAKIN TAK TERTANDINGI.
Yamaha
Mio J dan Xeon RC adalah dua motor fuel injection yang tebukti tangguh dan
paling hemat bbm sehingga mengantarkan Yamaha sebagai Motor Paling Irit saat ini. Selain dua motor tersebut sebenarnya masih banyak lagi jajaran motor irit
dengan teknologi fuel injection yang diproduksi Yamaha. Berikut fensas
tampilkan beberapa motor fuel injeksi paling irit yang menjadi kebanggan
Yamaha:
Yamaha Vixion merupakan motor sport
terlaris di Indonesia. Di tahun 2013 ini Yamaha mengeluarkan varian terbaru
dari motor sport paling fenomenal yaitu
Yamaha New Vixion. Untuk mengetahui
lebih jauh tentang Motor Sport Paling
Cool dan Sportacular ini silahkan klik di sini.
Yamaha New Vixion |
Mio GT adalah motor fuel injection terbaru
yang masuk ke dalam jajaran motor matic Yamaha.
Motor ini merupakan motor pertama Yamaha yang mayoritas desainnya
dikerjakan oleh insinyur Yamaha Indonesia. Untuk mengetahui lebih jauh tentang
Mio GT silahkan klik di sini.
MIO GT |
Soul GT adalah motor matic keren, lincah,dan irit serta mengusung body yang berkesan macho. Maka sangat tepat rasanya
jika Soul GT adalah motor matic yang diperuntukkan khusus bagi laki-laki. Untuk tahu lebih lanjut tentang motor matic
paling gagah ”SOUL GT” silahkan klik disini.
SOUL GT STREET |
4. Jupiter Z1
Mengusung nama besar Jupiter Z yang sudah
lekat di hati masyarakat Indonesia Yamaha mengeluarkan varian baru New JupiterZ1. Pada New Jupiter Z1 Yamaha menyematkan mesin baru fuel injection dengan
performa semakin dahsyat. Ingin tahu seperti apa New Jupiter Z1 ? Silahkan klik di sini.
Yamaha New Jupiter Z1 |
Pada tahun 2013 ini terlihat semakin banyak
anggota keluarga motor fuel injection Yamaha yang terkenal paling keren, cepat, dan canggih. Dengan
demikian secara lantang fensas serukan:
Semoga bermanfaat, salam
fensas……..(^^,)..
link doank isinya...
ReplyDeleteBanyak link krn dulu dipakai buat lomba Blog jadi "HARAP MAKLUM". Meskipun akhirnya gagal menjadi juara tapi ternyata tulisan ini menjadi salah satu yang terpopuler dan mendatangkan trafik tertinggi di fendysastra. Semoga pihak Yamaha melihat dan memberikan imbalan he...he..he...he...he...( Ngarep Mode On)
DeleteISInya YAMAHA BANGET Mio J 115cc 1 ; 43 Dibilang IRIT? ooo TENTU TIDAK...(yang merek sebelah metik 125 dapet 1;53 http://tmcblog.com/2013/05/07/dibawa-stop-and-go-konsumsi-bbm-vario-125-iss-tembus-5375-kmliter-premium/ klo yang 110 1;59 http://tmcblog.com/2013/04/30/test-konsumsi-bbm-honda-scoopy-fi-5924-kmliter-premium/
ReplyDeleteSmua motor klo di rawat Rajin ganti Olie ya pasti AWET..
Wah ini pengalaman pribadi dengan jujur dikondisi jalan penuh tanjakan, kalo teman saya yang tinggal di kota malah cerita kalo Mio J-nya pake premium bisa tembus 55 sampai 60 km perliternya (cara dan gaya berkendara juga berpengaruh lho). Bahkan di diblog-blog lain juga banyak yg mengatakan keiritan Mio J coba cek di sini http://www.ronywijaya.web.id/2012/05/yamaha-mio-j-irit.html.
DeleteWah kalo link yang Bro aancell kasih ini tampaknya juga HONDA BANGET ya. Tapi tidak apa2 semakin banyak motor irit dan berkualitas toh akhirnya konsumen yang diuntungkan. Jika Honda pengen dites oleh fensas boleh kok asal disubsidi motornya (dijamin masuk halaman pertama google). He...he...he....ngiklan n ngarep dot.com
Oke terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Salam fensas (^^,)..